Wabup Sukamara: Kirab pemilu jadi ajang mensosialisasikan parpol ke masyarakat

id Wakil Bupati Sukamara, Kalimantan Tengah, Ahmadi, Sukamara, kalteng, kirab pemilu di Sukamara

Wabup Sukamara: Kirab pemilu jadi ajang mensosialisasikan parpol ke masyarakat

Wakil Bupati Sukamara Ahmadi (tengah) saat menghadiri acara serah terima kirab pemilu 2024 di halaman kantor KPU Sukamara, Senin (8/5/2023). ANTARA/Donefrid Lalang.

Sukamara (ANTARA) - Wakil Bupati Sukamara, Kalimantan Tengah, Ahmadi menilai bahwa serah terima kirab pemilu 2024, merupakan salah satu kegiatan yang sangat strategis dalam meningkatkan dan mengoptimalkan sosialisasi sekaligus memperkenalkan partai politik peserta pemilu.

"Kegiatan ini sebagai media koordinasi, komunikasi dan pendidikan bagi pemilih serta mensosialisasikan pelaksanaan pemilu yang akan di gelar pada Februari 2024 mendatang," kata Ahmadi saat acara serah terima kirap pemilu di halaman Kantor JPU Sukamara, Senin.

Adapun tema acara tersebut yakni pemilu sebagai sarana integrasi bangsa. Tema ini memiliki makna atau pesan penting dari penyelenggaraan pemilu 2024 untuk Indonesia. Untuk itu, pemerintah sesuai ketentuan yang ada, akan selalu mendukung dan berpartisipasi dalam mensukseskan pemilu 2024 ini.

Ahmadi mengatakan hal ini berkaitan dengan peran pemerintah daerah dalam mewujudkan kehidupan demokrasi di daerah dan mendorong peningkatan partisipasi masyarakat dalam pemilu 2024 nanti.

"Saya juga meminta kepada dinas terkait dalam rangka kesuksesan setiap tahapan pemilu di wilayah ini, untuk melakukan koordinasi komunikasi dengan pihak penyelenggara, baik itu KPU maupun BAWASLU Kabupaten Sukamara, serta berikan kontribusi sesuai dengan ketentuan yang berlaku," ucapnya.

Baca juga: Wabup Sukamara: Perempuan menjadi tokoh sentral dalam membentuk karakter bangsa

Di tempat yang sama, Ketua KPU Sukamara, Ahmad Zen Allantany menjelaskan, bahwa tujuan dari kegiatan Kirab Pemilu merupakan bentuk sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, agar lebih memahami sistem dalam pemilu 22024 mendatang.

"Tujuan Kirab Pemilu ini merupakan bagian dari edukasi dan sosialisasi, serta mengajak masyarakat untuk mengetahui tahapan dan pelaksanaan Pemilu 2024 nantinya, sehingga lebih mempermudah saat pelaksanaannya nanti," ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, disampaikan bahwa Kirab Pemilu dengan membawa bendera Parpol akan diarak di Kabupaten Sukamara selama sepekan ke sejumlah Kecamatan. Selanjutnya, arak-arakan akan diantar menuju Kabupaten Kotawaringin Barat.

Baca juga: Wagub Sukamara: Hardiknas momen merefleksikan kembali setiap tantangan

Baca juga: Pemkab Sukamara segera anggarkan beasiswa bagi putra-putri daerah

Baca juga: Bupati Sukamara ingatkan seluruh personel optimal dukung penyelenggaraan mudik Lebaran