Generasi muda di Kalteng harus lebih menguasai teknologi

id Anggota Komisi III DPRD Kalimantan Tengah, Duwel Rawing, DPRD Kalimantan Tengah, DPRD kalteng, kalteng, Kalimantan Tengah, jaringan internet di sekola

Generasi muda di Kalteng harus lebih menguasai teknologi

Anggota Komisi III DPRD Kalimantan Tengah Duwel Rawing. ANTARA/Jaya WM.

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota Komisi III DPRD Kalimantan Tengah Duwel Rawing mendorong sekolah-sekolah di perkotaan hingga pelosok provinsi ini, dapat menyediakan jaringan internet, agar para pelajar dapat mempelajari dan semakin menguasai teknologi.

Sekarang dan kedepan keberadaan sekaligus peran teknologi sangat diperlukan bahkan menjadi kebutuhan di semua lini kehidupan manusia, kata Duwel di Palangka Raya, kemarin.

"Jadi, generasi muda di provinsi harus lebih menguasai teknologi. Pemerintah melalui sekolah perlu memfasilitasinya upaya penguasaan teknologi itu," ucapnya.

Menurut mantan Bupati Katingan ini, sekolah dapat memanfaatkan dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) dalam menyediakan jaringan internet. Sebab, jaringan internet tersebut juga bagian dari mendukung dan meningkatkan proses belajar mengajar di sekolah.

Dia mengatakan dimungkinkan bagi pihak sekolah untuk menggunakan dana BOS membantu siswa yang orangtua kurang mampu dalam mendukung peningkatan peningkatan kapasitas, salah satunya melalui jaringan internet. 

"Dinas Pendidikan provinsi maupun kabupaten/kota turut membantu meringankan biaya jaringan internet di masing-masing sekolah. Ini kan juga salah satu upaya melihat kebutuhan penunjang kelancaran belajar dan mengajar," kata Duwel Rawing.

Baca juga: Legislator Kalteng minta pemda stabilkan harga daging ayam

Wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan I meliputi Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan dan Gunung Mas itu meyakini, masih ada para pelajar yang belum maksimal dalam mendapatkan jaringan internet. Hal itu diakibatkan ketidakmampuan perekonomian orangtua dalam menyediakan fasilitas maupun jaringan internet.

Dia mengatakan, ketersediaan jaringan internet di sekolah juga dapat memacu para pelajar untuk mengenal banyak hal, termasuk semakin menguasai teknologi.

"Sekolah pun menjadi tempat yang menarik bagi para siswa dengan adanya jaringan internet tersebut. Jadi, manfaatnya sangat banyak ketersediaan jaringan internet itu," demikian Duwel.

Baca juga: DPRD Kalteng siap dukung penambahan anggaran penanggulangan karhutla

Baca juga: Prioritaskan menimbun jalan berlubang di sepanjang Simpang Runtu-Nanga Bulik

Baca juga: DPRD Kalteng serius awasi tindak lanjut hasil pemeriksaan LHP BPK RI