Ketua DPRD: Pembangunan rumah sakit di Pujon bantu tingkatkan yankesmas

id DPRD kapuas, ketua dprd ardiansah, rumah sakit pratama pujon, rumah sakit kapuas, kapuas tengah, kuala kapuas, kapuas

Ketua DPRD: Pembangunan rumah sakit di Pujon bantu tingkatkan yankesmas

Ketua DPRD Kabupaten Kapuas, Ardiansah melakukan peletakan batu pertama pembangunan rumah sakit pratama di Desa Pujon, Kecamatan Kapuas Tengah, Rabu (14/6/2023). (ANTARA/HO-Diskominfo Kapuas)

Kuala Kapuas (ANTARA) - Ketua DPRD Kapuas, Kalimantan Tengah Ardiansah mendukung pembangunan rumah sakit daerah pratama di Desa Pujon, Kecamatan Kapuas Tengah.

“Kami sangat mendukung adanya pembangunan rumah sakit ini, tentunya ini sangat membantu masyarakat kita,” kata Ardiansah di Kuala Kapuas, Sabtu.

Dia mengatakan, keberadaan rumah sakit di daerah tersebut sangat diharapkan masyarakat khususnya di Kecamatan Kapuas Tengah, Timpah, Kapuas Hulu, Mandau Talawang dan Pasak Talawang.

Dengan adanya rumah sakit ini, nantinya dapat meningkatkan pelayanan kesehatan di Kapuas Tengah serta membantu masyarakat sekitar, agar tidak jauh lagi untuk mendapat fasilitas kesehatan rujukan yang memadai.

“Ini merupakan momentum bersejarah bagi daerah, terutama Kecamatan Kapuas Tengah dimana dengan berdirinya rumah sakit pratama ini, maka kabupaten setempat akan memiliki dua rumah sakit daerah yang menunjang kesehatan masyarakat,” jelasnya.

Baca juga: Pemkab Kapuas pastikan kesiapan penanggulangan karhutla hingga tingkat desa

Ia juga berharap ke depan, rumah sakit daerah ini dilengkapi sarana prasarana pendukung yang memadai seperti peralatan medis maupun sumber daya aparatur.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kapuas, Tonun Irawaty, menjelaskan, pembangunan Rumah Sakit Daerah Pratama Pujon sebagai wujud komitmen pemkab dalam transformasi kesehatan yang terdiri dalam enam pilar, meliputi tranformasi layanan primer, layanan rujukan, sistem ketahanan kesehatan, sistem pembiayaan kesehatan, tranformasi SDM dan teknologi kesehatan.

Pelaksanaan pembangunan rumah sakit ini dilakukan sebagai upaya pemerataan peningkatan kualitas dan akses pelayanan kesehatan di Kapuas, khususnya wilayah Kecamatan Kapuas Tengah.

"Dana pembangunannya berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik bidang kesehatan yang didapat pada 2023,” demikian Tonun Irawaty.

Baca juga: Waket DPRD Kapuas apresiasi apel gabungan kesiapsiagaan bencana karhutla

Baca juga: Camat di Kapuas diperintahkan bantu percepatan penurunan stunting

Baca juga: Penilaian Kota Layak Anak, sejumlah iklan rokok di Kapuas ditertibkan