Bupati Kotim pantau pendaftaran peserta Porprov Kalteng

id Bupati Kotim pantau pendaftaran peserta Porprov Kalteng, Kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, porprov Kalteng, bupati Kotim, halikinnor

Bupati Kotim pantau pendaftaran peserta Porprov Kalteng

Bupati Halikinnor dan Ketua KONI Kotawaringin Timur Ahyar Umar berbincang dengan kontingen dari Kabupaten Katingan yang mendaftarkan atlet mereka untuk berlaga di Porprov XII Kalteng, Minggu (2/7/2023). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Halikinnor optimistis Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XII di Sampit pada 26 Juli hingga 5 Agustus 2023 nanti, terlaksana dengan baik atas dukungan semua pihak. 

"Saat ini memasuki tahapan pendaftaran manual, setelah sebelumnya pendaftaran secara online. Venue-venue (tempat pertandingan) juga sedang finishing sehingga kami yakin sebelum pembukaan 26 Juli nanti semua sudah selesai dan bisa digunakan," kata Halikinnor di Sampit, Minggu. 

Hal itu disampaikannya saat berkunjung ke Sekretariat Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kotawaringin Timur di Jalan MT Haryono. Dia memantau tahapan pendaftaran manual yang sedang berlangsung. 

Ini dilakukan Halikinnor untuk memastikan secara langsung bahwa semua berjalan dengan baik. Dia sempat berbincang dengan utusan kontingen dari Kabupaten Katingan dan Seruyan yang sedang mendaftarkan atlet mereka. 

Halikinnor yang didampingi Ketua KONI Kotawaringin Timur Ahyar Umar menyebutkan, setiap kabupaten rata-rata sudah bisa menyelesaikan pendaftaran dalam waktu dua hari. Namun masih ada toleransi jika ada hal yang perlu disempurnakan untuk kelengkapan persyaratan. 

Pendaftaran dan verifikasi ditargetkan tuntas pada 15 Juli nanti. Selanjutnya masing-masing kontingen bisa mengoptimalkan waktu untuk mempersiapkan atlet. 

Baca juga: Bupati Kotim: Pembukaan Porprov Kalteng 26 Juli

Baca juga: Porprov Kalteng di Sampit pertandingkan 28 cabang olahraga



Untuk lokasi pertandingan, Halikinnor mengatakan semua terus dipersiapkan dan umumnya sudah tahap penyelesaian. Memang ada satu cabang yang lokasinya dipindahkan ke halaman depan Museum Kayu yaitu cabang olahraga tinju agar ring yang dibuat lebih nyaman dan memudahkan masyarakat yang ingin menonton pertandingan karena lokasinya di tengah kota Sampit. 

Pemerintah daerah juga memfasilitasi kontingen dari 12 kabupaten dan satu kota yang mencari penginapan selama berada di Sampit. Kontingen tamu dipertemukan dengan pengelola penginapan atau hotel untuk pemesanan kamar sesuai kebutuhan kontingen masing-masing. 

"Kami sarankan bagi kontingen yang jumlah pesertanya tidak terlalu banyak lebih baik memilih penginapan yang tidak terlalu besar, sementara yang jumlahnya banyak maka bisa mencari hotel atau penginapan dan selanjutnya silahkan mereka berurusan dengan pengelola penginapan atau hotel," ujarnya. 

Baca juga: Panahan diproyeksikan jadi lumbung medali Kotim di Porprov Kalteng

Baca juga: Targetkan juara umum Porprov, Pemkab Kotim siapkan bonus


Disinggung terkait acara pembukaan Porprov pada 26 Juli malam, Halikinnor mengatakan saat ini perencanaannya sedang dibahas. Pihaknya ingin pembukaan dilaksanakan semeriah mungkin sehingga memberikan kesan dan kepuasan bagi semua kontingen dan masyarakat. 

"Kita pelajari dulu dan kekurangannya itu kita tambah dan modifikasi. Kita ingin meriah serta sukses dalam penyelenggaraan dan sukses dalam meraih prestasi juara umum," demikian Halikinnor. 

Baca juga: PASI Kotim optimalkan persiapan hadapi Porprov Kalteng

Baca juga: Pelajar Jadi atlet di Porprov, Bupati Kotim minta sekolah beri dispensasi


Baca juga: Disporaparbud sebut persiapan Porpov kontingen Seruyan capai 90 persen