Nur Mentaya Expo dibuka lebih awal mendahului Porprov

id Nur Mentaya Expo dibuka lebih awal mendahului Porprov, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, Nur Mentaya, tnm

Nur Mentaya Expo dibuka lebih awal mendahului Porprov

Tenda sudah berdiri di lokasi Nur Mentaya Expo 2023 di kawasan objek wisata Terowongan Nur Mentaya di Jalan Tjilik Riwut Sampit, Senin (24/7/2023). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Bazar dan hiburan rakyat Nur Mentaya Expo 2023 di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur akan dibuka pada Selasa (25/7) malam, lebih awal dibanding Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XII Kalimantan Tengah yang akan dibuka pada Rabu (26/7) malam. 

"Nur Mentaya Expo ini juga untuk memeriahkan Porprov, makanya pembukaannya memang lebih dulu dibanding pembukaan Porprov. Pas saja karena hari ini pun kontingen dari daerah lain sudah berdatangan di Sampit," kata Ketua Panitia Nur Mentaya Expo 2023, Rahmat Noor di Sampit, Senin. 

Nur Mentaya Expo 2023 digelar di Jalan Tjilik Riwut, tepat berada di kawasan objek wisata Terowongan Nur Mentaya. Lokasinya memanfaatkan lahan kosong berukuran 60x150 meter milik pemerintah daerah. 

Biasanya expo dilaksanakan di kawasan Stadion 29 November Sampit. Namun saat ini lokasi tersebut dimanfaatkan untuk pertandingan sejumlah cabang olahraga Porprov sehingga panitia mencari lokasi lain. 

Namun pria akrab disapa Rahmat Kotim ini menilai lokasi baru ini juga sangat strategis. Selain banyak dikunjungi warga, lokasi ini sekaligus mempromosikan objek wisata Terowongan Nur Mentaya, yaitu lampu hias melengkung berderet sekitar tiga kilometer yang terlihat seperti membentuk sebuah terowongan cahaya. 

Baca juga: Pemkab Kotim berkomitmen berikan pelayanan terbaik untuk kontingen Porprov Kalteng

Rahmat mengatakan, kegiatan ini disambut antusias oleh pelaku usaha dan instansi terkait. Sebanyak 50 stan dan 40 lapak yang tersedia, telah habis dipesan oleh peserta expo. 

Dia berharap Nur Mentaya Expo 2023 dapat membuat Porprov XII Kalimantan Tengah di Sampit semakin meriah. Nur Mentaya Expo menjadi salah satu pilihan bagi kontingen dari 12 kabupaten dan satu kota di Kalimantan Tengah, maupun masyarakat Kotawaringin Timur sendiri untuk bersantai dan mencari hiburan. 

Selain berbelanja, pengunjung juga bisa menikmati berbagai hiburan di lokasi Nur Mentaya Expo. Berbagai kegiatan yang akan digelar selama 12 hari expo berlangsung yaitu pasar rakyat, permainan anak, stan kuliner, stan produk unggulan, stan otomotif, stan pameran olahraga, musik, parade DJ, lomba karaoke dan lomba fashion. 

"Kami berharap kegiatan ini juga membawa dampak positif bagi ekonomi kerakyatan masyarakat kita. Ini ajang promosi dan pemasaran produk-produk lokal dan UMKM kita," demikian Rahmat. 

Sementara itu Bupati Halikinnor mengatakan, Nur Mentaya Expo 2023 bagian dari upaya memeriahkan Porprov XII Kalimantan Tengah. Kegiatan ini juga sekaligus untuk menggerakkan ekonomi masyarakat, sekaligus mempromosikan objek wisata Terowongan Nur Mentaya. 

"Pemerintah daerah mendukung Nur Mentaya Expo ini karena bermanfaat bagi ekonomi masyarakat kita. Lokasinya juga di kawasan Terowongan Nur Mentaya sehingga ini juga akan turut mempromosikan pariwisata kita," demikian Halikinnor. 

Baca juga: Kotim raih penghargaan Pratama Kabupaten Layak Anak

Baca juga: Camat di Kotim diminta siapkan lahan untuk pendirian PAUD

Baca juga: Berikut rangkaian acara memeriahkan Porprov Kalteng di Sampit