Pemkab Kotim alokasikan bonus peraih medali Porprov

id Pemkab Kotim alokasikan bonus peraih medali Porprov, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, bupati kotin, halikinnor, porprov, porprov kalteng

Pemkab Kotim alokasikan bonus peraih medali Porprov

Bupati Halikinnor saat memberangkatkan drumband Kabupaten Kotawaringin Timur yang mewakili Kalimantan Tengah berlaga di babak kualifikasi PON XXI di Yogyakarta, Senin (28/8/2023). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur memastikan mengalokasikan anggaran untuk atlet setempat yang meraih medali pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XII Kalimantan Tengah di Sampit awal Agustus lalu. 

"Anggaran yang harus disiapkan cukup besar. Itu Rp3,8 miliar untuk bonus Porprov saja," kata Bupati Halikinnor di Sampit, Senin. 

Porprov XII Kalimantan Tengah digelar di Sampit pada 26 Juli hingga 5 Agustus 2023. Kotawaringin Timur meraih sukses ganda yaitu sukses sebagai tuan rumah penyelenggaraan, serta sukses menjadi juara umum Porprov XII Kalimantan Tengah. 

Kontingen Kotawaringin Timur menjadi juara umum dengan mengantongi 319 medali terdiri dari 113 medali emas, 88 perak dan 118 perunggu. Sementara itu juara bertahan Kota Palangka Raya harus puas turun ke peringkat kedua karena hanya berhasil mengumpulkan 263 medali, terdiri 82 emas, 83 perak dan 98 perunggu. 

Capaian ini menjadi rekor dan sejarah baru dalam dunia olahraga di Kalimantan Tengah. Selama Porprov digelar di Kalimantan Tengah, ini merupakan pertama kalinya ada kabupaten yang mampu merebut gelar juara umum dari tangan Kota Palangka Raya. 

Baca juga: Wakili Kalteng, drumband Kotim targetkan lolos ke PON

"Biasanya didominasi Ibu Kota Palangka Raya karena memang semua atlet dan pelatih serta sarana yang lengkap biasanya memang adanya di ibu kota provinsi," timpal Halikinnor. 

Halikinnor menyebut kesuksesan ini berkat kerja keras dan dukungan semua pihak, baik masyarakat, dunia usaha dan terutama atlet sendiri. Dia menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam capaian ini. 

Untuk itulah Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur akan memenuhi janji memberikan bonus kepada para atlet peraih medali Porprov. Alokasi anggaran itu diupayakan dalam APBD Perubahan 2023 yang saat ini sedang dibahas bersama DPRD setempat. 

"Kita akan terus mendorong peningkatan prestasi olahraga Kotawaringin Timur dengan memaksimalkan venue (tempat pertandingan) yang sudah ada dan berupaya melengkapi venue-venue lain yang diperlukan," demikian Halikinnor. 

Baca juga: Pemkab Kotim upayakan bantuan material rumah korban kebakaran

Baca juga: Bupati Kotim hadiri pemakaman pelajar korban kebakaran

Baca juga: Musorprovlub KONI Kalteng ditegaskan belum ada hasil