Ketua KPK: Pembangunan integritas melalui pendidikan anti korupsi

id KPK ,Ketua KPK Firli Bahuri ,UPR ,Kuliah Umum

Ketua KPK: Pembangunan integritas melalui pendidikan anti korupsi

Ketua KPK RI Komjen Pol (Purn) Firli Bahuri (tujuh dari kiri) berfoto bersama usai memberikan kuliah umum di Universitas Palangka Raya di Palangka Raya, Jumat (8/9/2023). ANTARA/Humas Polda Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI Komjen Pol (Purn) Firli Bahuri memberikan kuliah umum tentang 'Pembangunan Integritas Melalui Pendidikan Anti Korupsi' di Aula Rahan Universitas Palangka Raya, Jumat, (8/9).

Ketua KPK RI membuka pemaparan materi kuliah umumnya di Universitas Palangka Raya (UPR) dengan menyebut bahwa dirinya hadir karena rasa cinta akan dunia pendidikan.

"Saya cinta pada dunia pendidikan. Karena dunia pendidikan adalah senjata paling ampuh untuk mengubah dunia, khususnya berkaitan dengan pencegahan korupsi," kata Firli Bahuri.

Lewat momentum kuliah umum tersebut, Ketua KPK mengajak mahasiswa untuk menjadi agen anti korupsi yang bisa berkontribusi positif dalam menciptakan pembangunan terintegrasi bagi masyarakat yang bersih dari korupsi.

Dalam kesempatan tersebut, Firli Bahuri juga memberikan pemahaman berkaitan dengan korupsi, terutama untuk pencegahannya karena sebagai lembaga anti rasuah di Indonesia, KPK bertanggung jawab dalam memberantas korupsi.

"Khususnya menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, dirinya mengajak seluruh mahasiswa ikut mengawal jalannya pemilu. Sehingga melahirkan pemimpin yang bersih bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme," ucapnya.

Baca juga: Ketua KPK RDP bersama APH di Polda Kalteng

Adapun kehadiran Ketua KPK di UPR dalam rangka memberikan kuliah umum tersebut, disambut baik oleh Rektor UPR Prof Dr  Salampak, diwakili Wakil Rektor UPR Bidang Akademik Natalia Asi.

"Menjadi suatu kehormatan dengan kehadiran Ketua KPK yang memberikan kuliah umum bagi mahasiswa UPR terkait pembangunan terintegrasi melalui pendidikan anti korupsi," kata Natalia Asi.

Dirinya berharap, melalui kuliah umum ini dapat memberikan wawasan dan pengetahuan seluruh mahasiswa untuk mewujudkan negara yang bersih bebas dari korupsi.

"Semoga kita dapat manfaat dari pertemuan hari ini dengan Ketua KPK, setidaknya kita banyak mendapatkan wawasan terkait pencegahan korupsi," demikian Natali Asi.

Baca juga: KPK periksa tersangka Dirut PT Bhanda Ghara Reksa terkait korupsi penyaluran bansos

Baca juga: KPK tanamkan budaya antikorupsi kepada kepala daerah di Kalteng

Baca juga: Cak Imin dukung KPK tuntaskan kasus korupsi di Kemenaker