Bupati harap Akademi Kebidanan Mura semakin memacu perkembangan dunia pendidikan

id Pemkab murung raya, bupati perdie m yoseph, akademi kebidanan, akbid murung raya, puruk cahu, mura, murung raya

Bupati harap Akademi Kebidanan Mura semakin memacu perkembangan dunia pendidikan

Bupati Murung Raya, Perdie M. Yoseph menandatangani prasasti peresmian Akademi Kebidanan Murung Raya, Rabu (13/9/2023).  (ANTARA/Supriadi)

Puruk Cahu (ANTARA) - Bupati Murung Raya, Kalimantan Tengah, Perdie M. Yoseph meresmikan Kampus Akademi Kebidanan (Akbid) yang berlokasi di Jalan Bhayangkara wilayah Desa Danau Usung, Kecamatan Murung, Rabu (13/9).

Perdie mengatakan Akademi Kebidanan Murung Raya (Mura) yang saat ini bekerja sama dengan Universitas Doktor Nugroho, Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur diharapkan menjadi cikal bakal majunya dunia pendidikan di kabupaten setempat.

"Pembentukan perguruan tinggi atau akademi ini dimulai di masa kepemimpinan bupati sebelumnya, yakni Willy M Yoseph selama dua periode dan ditambah saya dua periode juga," terangnya.

Dia menjelaskan, dalam artian prosesnya panjang atau tidak mudah, berkali-kali gagal, tidak cocok bahkan dibatalkan, akan tetapi pada akhirnya bisa bekerja sama dengan Universitas Doktor Nugroho Magetan.

Menurutnya meski kategori akademi kebidanan yang baru dibentuk saat ini masih bertipe B, diharap ke depan bisa menjadi rujukan calon mahasiswa atau mahasiswi dari kabupaten terdekat, seperti dari Barito Utara, Gunung Mas, Barito Selatan, Barito Timur bahkan Kutai Barat di Kalimantan Timur.

"Salah satu kelebihan akademi kebidanan ini tentu memiliki sarana prasarana lengkap dan ditargetkan tahun ini sudah mulai menerima calon mahasiswa, walaupun nanti jumlahnya sedikit," ucapnya.

Baca juga: Hadapi Pemilu 2024, Pemkab Murung Raya sediakan kantor KPU lebih representatif

Sementara itu, Anggota DPR RI Willy M.Yoseph mengatakan, terwujudnya Akademi Kebidanan Murung Raya ini akan diikuti adanya akademi lain dengan jurusan yang bervariasi.

"Mimpi 20 tahun lalu mulai terwujud di bawah kepemimpinan Bupati Perdie. Ini juga merupakan realisasi dari program merdeka dari kebodohan," kata Willy.

Kegiatan peresmian yang ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Murung Raya itu juga dihadiri unsur Forkopimda, kepala perangkat daerah dan lainnya.

Baca juga: Ketua PKK Murung Raya minta jajarannya proaktif dalam penanganan stunting

Baca juga: Puluhan tim berkompetisi di Bola Volly Bupati Cup Murung Raya

Baca juga: Terbukti cemari sungai, Pemkab Murung Raya beri sanksi ke PT MGM