Pastikan tepat sasaran, Ketua DPRD Seruyan pantau langsung penyerahan bibit ternak sapi

id Ketua DPRD Seruyan, Kalimantan Tengah, Zuli Eko Prasetyo, DPRD Seruyan, seruyan, kalteng

Pastikan tepat sasaran, Ketua DPRD Seruyan pantau langsung penyerahan bibit ternak sapi

Ketua DPRD Seruyan Zuli Eko Prasetyo saat meninjau langsung penyerahan bibit ternak sapi di desa Pematang Panjang, Minggu (17/12/23). ANTARA/Radianor.

Kuala Pembuang (ANTARA) - Ketua DPRD Seruyan, Kalimantan Tengah Zuli Eko Prasetyo memantau langsung penyerahan bibit ternak sapi oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian setempat kepada kelompok ternak, yang terletak di desa Pematang Panjang.

"Pemantauan tersebut ini untuk melihat langsung kondisi bibit ternak sapi tersebut, agar bisa sesuai dengan yang kita harapkan, dan tentunya tidak merugikan kelompok ternak," kata Zuli Eko di  Kuala Pembuang, Senin.

Dia mengatakan,  untuk bibit ternak yang  dibagikan tersebut  sudah sesuai apa yang diharapkan kelompok ternak, dan dari segi kesehatannya juga sangat baik, hanya saja memang karena memang hewan tersebut berasal dari daerah lain, tentu menuju ke Seruyan sangat jauh, sehingga   perawatan tersebut harus lebih ekstra.

"Jadi bibit ternak ini kan tidak dari Seruyan pastinya perjalanan nya cukup jauh, sehingga perlu beradaptasi dan perawatannya juga harus lebih intens, sehingga hewan-hewan tersebut  tidak stres yang dapat menyebabkan kematian," beber dia.

Lebih lanjut legislator Seruyan itu pun mengingatkan sekaligus meminta kepada dinas teknis, agar  bisa memberikan  obat-obatan kepada kelompok ternak untuk mengatasi penyakit  yang berisiko.

Selain itu, juga edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat  sangat diperlukan sehingga  setiap kendala yang dihadapi kelompok bisa teratasi dengan maksimal.

"Kita harap instansi terkait terus mendukung dan mengawasi pengelolaan yang dilakukan kelompok ternak, sehingga para peternak dapat lebih mudah berkomunikasi apabila ada masalah peternakan," tutur Zuli Eko.

Baca juga: Ketua DPRD Seruyan minta ASN taat ketentuan cuti natal dan tahun baru

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu menambahkan dirinya meminta kepada masyarakat kelompok ternak sapi tersebut agar bisa mengelolanya dengan baik, sehingga dapat berkembang biak dengan baik dan tentunya dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

"Harapan kita bantuan tersebut bisa dikelola dengan baik, agar bisa memberikan dampak yang positif bagi masyarakat di Bumi Gawi Hantantiring ini," demikian Zuli Eko.

Baca juga: Maraknya penjarahan TBS sawit di Kalteng pengaruhi pendapatan petani

Baca juga: DPRD Seruyan minta pemerintah awasi kinerja Pj kepala desa

Baca juga: DPRD Seruyan berharap Pj Kades tidak dari ASN