Pemprov Kalteng akan berangkatkan umrah ratusan warga

id Pemprov Kalteng akan berangkatkanumrah ratusan warga, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, pemprov kalteng, edy Pratowo

Pemprov Kalteng akan berangkatkan umrah ratusan warga

Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo (batik hitam) ketika memimpin pertemuan dengan tokoh masyarakat dan tokoh agama di Kabupaten Kotawaringin Timur, Sabtu (20/1/2024) malam. ANTARA/Devita Maulina

Sampit (ANTARA) - Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Edy Pratowo menyampaikan kabar gembira untuk masyarakat, khususnya umat Islam di wilayah ini karena pemerintah provinsi setempat akan memberangkatkan 500 hingga 600 warga untuk menunaikan ibadah umrah gratis.

“Tahun 2024 ini Pemprov Kalteng akan memberangkatkan masyarakat untuk ibadah umrah, sekaligus melaksanakan kegiatan rohani,” ujarnya di Sampit, Minggu.

Hal ini disampaikannya saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Kotawaringin Timur bersama rombongan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran.

Pria yang pernah menjabat Bupati Pulang Pisau selama dua periode ini menyampaikan, keberangkatan umrah dijadwalkan pada Februari 2024. 

Jamaah umrah nantinya dibagi dalam dua kelompok, yakni kelompok pertama sebanyak 300 orang berangkat bersama rombongan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran. Kemudian, rombongan kedua berangkat bersama dirinya yakni kurang lebih juga 300 orang.

Baca juga: Wagub: Tahun ini dua program ketahanan pangan dilaksanakan di Kotim

“Jadi keberangkatan umrah nanti dibagi dua rombongan. Tapi, yang dapat rezeki lebih mungkin di rombongan gubernur, karena ada 50 orang yang akan diajak ke Tarim untuk bertemu dengan Guru Mulia Habib Umar,” ujarnya.

Warga yang akan diberangkatkan umrah bersama rombongan gubernur maupun wakil gubernur nantinya akan dipilih dari 13 kabupaten dan 1 kota di Kalteng. Ia menyebut, Kotim merupakan salah satu kabupaten dengan kesempatan cukup besar untuk mengikuti ibadah umrah, dengan kuota kurang lebih 50 jamaah.

Ia menambahkan, umrah gratis ini merupakan upaya peningkatan iman dan takwa bagi masyarakat di Kalteng. Harapannya dengan demikian akan membentuk akhlak yang mulia dalam masyarakat. 

Ia meminta masyarakat turut mendoakan agar rencana keberangkatan umrah ini bisa berjalan dengan lancar dan para jamaah bisa menunaikan ibadah dalam kondisi baik dan sehat sampai kembali ke tanah air nantinya.

“Kita berharap dengan diberangkatkan umrah ini maupun kegiatan ibadah agama lainnya dapat mempertebal keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehingga kita menjadi pribadi yang baik dan bersama-sama membangun daerah ini lebih baik lagi,” demikian Edy Pratowo.

Baca juga: Dinkes Kotim pastikan pelayanan kesehatan tetap berjalan selama pemilu

Baca juga: Pengendalian inflasi Kalteng 2024 dimulai di Kotim disambut antusias

Baca juga: Wagub ajak para tokoh di Kotim jaga kondusivitas jelang Pemilu 2024