Polres Pulang Pisau optimalkan pengamanan di dalam maupun luar TPS

id polres pulang pisau, pemilu 2024, pengamanan tps, Kapolres Pulang Pisau AKBP Mada Ramadita, pulpis, pulang pisau

Polres Pulang Pisau optimalkan pengamanan di dalam maupun luar TPS

Ilustrasi pemungutan suara di TPS. (ANTARA/Darwin Fatir)

selain mengerahkan personel untuk PAM Pengamanan, antisipasi pengamanan di luar TPS juga dengan melibatkan bantuan BKO personel
Pulang Pisau (ANTARA) -
Kapolres Pulang Pisau, Kalimantan Tengah AKBP Mada Ramadita mengatakan pihaknya mengerahkan sebanyak 208 personel yang ditugaskan untuk PAM Pengamanan di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di delapan kecamatan.
 
“Jauh-jauh hari pengamanan untuk kelancaran Pemilu 2024 sudah dipersiapkan dan direncanakan bersama pihak terkait, untuk menjaga kemananan dan ketertiban di sebanyak 417 TPS di kabupaten setempat,” ucap Mada Ramadita di Pulang Pisau, Senin.
 
Dikatakannya dari pemetaan Polres setempat sebanyak 411 TPS masuk ke dalam katagori aman dan sebanyak enam TPS masuk kategori rawan. Kategori rawan ini tidak ada menyangkut masalah keamanan dan gangguan kamtibmas, tetapi rawan secara letak geografis karena ada beberapa TPS yang harus melalui jalur sungai.
 
“Enam TPS rawan ini berada di Kecamatan Kahayan Kuala dan Kecamatan Sebangau Kuala,” terang dia.

Baca juga: Berikut daerah yang dinilai rawan dalam pendistribusian logistik di Pulang Pisau
 
Menurutnya, untuk pengamanan di TPS menggunakan pola PAM Pengamanan 2-4-8 dengan 2-2-4. Maksudnya, satu personel ada yang membawahi satu TPS atau satu personel membawahi dua TPS yang penempatan personel tersebut disesuaikan dengan kriteria serta petunjuk Mabes dan kebutuhan di lapangan.
 
Mada Ramadita menyebutkan selain mengerahkan personel untuk PAM Pengamanan, antisipasi pengamanan di luar TPS juga dengan melibatkan bantuan BKO personel dari Sat Sabhara dan Sat Brimob Polda Kalimantan Tengah masing-masing sebanyak 30 personel yang ditugaskan untuk patroli dan monitoring Kamtibmas di wilayah Kabupaten Pulang Pisau. 
 
Dijelaskan Mada Ramadita, ada juga tambahan sebanyak 30 personel dari BKO TNI yang ditempatkan dalam dua zona. Zona pertama meliputi Kecamatan Banama Tingang, Kahayan Tengah, dan Jabiren Raya. Zona kedua meliputi Kecamatan Kahayan Hilir, Pandih Batu, Maliku, Sebangau Kuala, dan Kahayan Kuala.  
 
Secara umum, kata Mada Ramadita, kita semua berharap pelaksanaan Pemilu 2024 bisa berjalan dengan baik. Ia juga berharap dukungan dari seluruh masyarakat setempat untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban sesuai hastage Polda Kalimantan Tengah yakni Kalteng Aman dan Nyaman. 

Baca juga: Bawaslu Pulang Pisau diingatkan optimalkan pengawasan di masa tenang

Baca juga: BRGM bersama KLHK tanam pohon di lahan gambut Kalteng

Baca juga: OPD Pulang Pisau tandatangani perjanjian kinerja tingkatkan pelayanan publik