Pj Bupati Barito Utara minta program kerja sejalan dengan RPJM

id musrenbang barito utara,program kerja prioritas,rpjm nasional,penjabat bupati,barito utara,kalteng,musrenbang rkpd

Pj Bupati Barito Utara minta program kerja sejalan dengan RPJM

Pj Bupati Barito Utara Muhlis menghadiri Musrenbang RKPD 2025 Kabupaten Barito Utara di Muara Teweh, Senin (1/4/2024).ANTARA/HO-Dinas Kominfosandi Barito Utara

Muara Teweh (ANTARA) - Penjabat Bupati Barito Utara,Kalimantan Tengah,  Muhlis meminta kepada kepala perangkat daerah di lingkup pemerintah daerah setempat agar memprioritaskan program kerja masing-masing perangkat daerah yang sejalan dengan rencana pembangunan jangka menengah (RPJM) nasional.

“Selain sejalan dengan RPJM Nasional, juga  RPJM Provinsi Kalimantan Tengah seperti penurunan stunting, pencegahan kemiskinan, pengangguran serta peningkatan kualitas mutu pendidikan dan kesehatan,” kata Muhlis pada pembukaan Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Barito Utara 2025 di Muara Teweh, Senin.

Menurut dia, sebagai salah satu kabupaten penyangga Ibu Kota Nusantara di wilayah Kalteng, diminta kepada para kepala perangkat daerah agar cermat menangkap peluang kerjasama dengan daerah khusus otorita IKN dan wilayah sekitar terkait komoditi yang menjadi penyumbang di IKN nantinya. 

“Juga kepada para camat, pelaku usaha agar memanfaatkan peluang ini, untuk kita terus bergerak melangkah maju menuju Indonesia Emas 2045,” katanya.

Dia juga meminta kepada para kepala desa (Kades) dan BPD agar mendorong Bumdes yang ada agar memanfaatkan potensi yang dimiliki sehingga dari desa mampu menghasilkan produk-produk unggulan, misalnya di Desa Paring Lahung ada beras Talun Koyem, di Kecamatan Gunung Purei memiliki hasil kerajinan rotan, di Kecamatan Teweh Timur menghasilkan jagung varietas unggulan.

“Hal ini agar bisa ditiru oleh masing-masing Bumdes dengan memanfaatkan potensi di desa masing-masing sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa masing-masing,” kata Muhlis. 

Baca juga: Ketua DPRD: Pokir merupakan aspirasi masyarakat yang di tampung dewan

Pada kesempatan itu Pj Bupati Muhlis menyampaikan atas nama masyarakat dan Pemkab Barito Utara mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada kepala Bappeda Kalteng yang telah berkenan bergabung pada kegiatan Musrenbang RKPD Kabupaten Barito Utara 2025.

“Dan kepada semua pihak yang tidak dapat saya sebutkan satu-persatu yang telah hadir untuk bermusyawarah menentukan segala skala prioritas pembangunan Barito Utara 2025,” kata dia.

Muhlis menjelaskan, musrenbang RKPD Kabupaten Barito Utara ini merupakan tahapan lanjutan dari musrenbang tingkat desa/kelurahan, musrenbang RKPD tingkat kecamatan, forum konsultasi publik dan forum perangkat daerah/lintas perangkat daerah yang beberapa waktu lalu telah dilaksanakan.

Musrenbang RKPD hari ini diselenggarakan untuk menyempurnakan rencana program dan kegiatan 2025 dalam bentuk rancangan RKPD, yang merupakan bagian dari tahapan dalam penyusunan APBD Kabupaten Barito Utara tahun depan. 

“Dengan demikian, musrenbang RKPD Kabupaten Barito Utara ini berfungsi sebagai sarana untuk menghimpun kembali pemikiran, pendapat dan usul yang berpihak kepada kepentingan masyarakat,” kata Muhlis.

Melalui musrenbang ini, katanya, diharapkan dapat menghasilkan berbagai kesepakatan di antara para pelaku pembangunan di Kabupaten Barito Utara, mengenai prioritas program, kegiatan, pagu indikatif, indikator dan target kinerja serta lokasi pada tahun 2025 yang akan datang. 

"Saya berharap pada pelaksanaan kegiatan hari ini, agar seluruh perangkat daerah dan pihak terkait lainnya dapat berperan aktif dalam pembahasan sehingga aspirasi dan usulan yang disampaikan dapat menjadi prioritas utama sebagai bahan untuk dibahas pada musrenbang RKPD Provinsi Kalteng yang akan dilaksanakan pada 17 April 2024,” demikian Muhlis.

Baca juga: Barut paparkan pembangunan pada rakor optimalisasi pemerintahan

Baca juga: Pj Bupati Barut sambut baik rencana Perusda buka taman penitipan anak

Baca juga: Ketua DPRD Barut buka puasa bersama warga Desa Benao