Penjabat Bupati Mura ajak generasi muda membumikan nilai Pancasila

id Penjabat Bupati Mura ajak generasi muda membumikan nilai Pancasila, kalteng, mura, murung raya

Penjabat Bupati Mura ajak generasi muda membumikan nilai Pancasila

Penjabat Bupati Murung Raya, Hermon saat menjadi inspektur upacara pada peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman kantor bupati di Puruk Cahu, Senin (3/6/2024). ANTARA/Diskominfo SP Murung Raya

Puruk Cahu (ANTARA) - Penjabat Bupati Murung Raya, Kalimantan Tengah, Hermon mengajak seluruh komponen masyarakat di daerah tersebut untuk bahu-membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan. 

Di tengah kemajuan perkembangan era globalisasi teknologi informasi yang begitu pesat sekarang ini ditandai dengan masifnya penggunaan ponsel pintar (smart phone), ditakutkan bisa mengikis nilai pancasila para generasi muda, kata Hermon di Puruk Cahu, Senin. 

"Saya harap kemudahan mengakses informasi dari berbagai media dapat dimanfaatkan secara bijaksana untuk menyiarkan konten-konten dan narasi positif yang mencerminkan aktualisasi nilai pancasila di tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara," ujarnya. 

Hal itu disampaikannya saat memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang dilaksanakan di halaman kantor Bupati Murung Raya di Puruk Cahu.

Dalam upacara tersebut turut hadir perwakilan Forkopimda, baik itu dari Polres, Kejari, Kodim 1013/Mtw. Juga hadir Sekretaris Daerah, Rudie Roy beserta para pejabat utama Pemerintah Kabupaten Murung Raya.

Baca juga: Murung Raya kirim 237 peserta bertanding di FBIM

Selain itu, Hermon mengajak seluruh komponen bangsa untuk menanamkan nilai Pancasila dengan metode dan cara-cara kekinian. Hal ini penting dalam menyongsong bonus demografi yang menempatkan kaum milenial dan Gen Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa. 

Menurut Hermon, Pancasila merupakan bintang penuntun yang membawa Indonesia pada gerbang kemajuan dan kemakmuran, tidak terkecuali di era globalisasi teknologi dan informasi sekarang ini. 

"Semoga peringatan hari lahirnya pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur dan berwibawa di kancah dunia,” tambah Hermon di hadapan undangan serta peserta upacara. 

Pada kesempatan itu, Hermon juga mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila. Dengan cara bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila.

Baca juga: Ketua PDIP Murung Raya ikuti penjaringan bakal calon kepala daerah di PPP

Baca juga: KPU Murung Raya lantik 50 anggota PPK

Baca juga: Pelantikan 25 anggota DPRD Murung Raya dijadwalkan 19 Agustus