DPRD Kalteng minta pemda lebih optimal bantu kegiatan wirausaha masyarakat

id DPRD Kalimantan Tengah, DPRD Kalteng, Kalteng, Kalimantan Tengah

DPRD Kalteng minta pemda lebih optimal bantu kegiatan wirausaha masyarakat

Anggota Komisi II DPRD Kalteng Ina Prayawati. ANTARA/Dokumentasi Pribadi.

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota Komisi II DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) Ina Prayawati, mendorong sekaligus meminta masyarakat, aga untuk dapat melirik potensi wirausaha menjanjikan untuk meningkatkan atau membangkitkan ekonomi keluarga dan daerah.

Peluang untuk berwirausaha khususnya di Kalteng ini masih cukup tinggi karena banyak lini yang bisa dikembangkan dan tinggal hanya masyarakat melirik peluang-peluangnya dan mengembangkan usaha itu secara baik, kata Ina di Palangka Raya, Rabu.

Untuk berwirausaha itu tidak tidak perlu modal besar, ada banyak peluang usaha yang modal kecil. Saya rasa jika ada niat dari masyarakat usaha itu akan memberikan nilai ekonomi," tambahnya.

Dikatakan, untuk pengembangan kegiatan lebih lanjut, memang memerlukan dukungan dari berbagai pihak terutama pemerintah daerah. Oleh sebab itu instansi terkait diminta dapat mendukung masyarakat mengembangkan usaha, sebab dengan dukungan pastinya masyarakat akan mampu membangun wirausaha tersebut.

"Setidaknya ada bantuan supaya memulai apa saja yang ingin digiatkan, lalu yang sudah jalan usahanya beri mereka bantuan agar kegiatan-kegiatan kewirausahaannya itu tetap eksis," kata Ina.

Dukungan tersebut tentunya diberi dalam berbagai bentuk yang didasari rencana program kegiatan pemerintah, sehingga setiap tahun akan terus terlaksana. Oleh sebab itu ketersediaan anggaran juga sangat diharapkan untuk mendukung kegiatan tersebut.

"Dukungan bisa dengan permodalan, sarana dan prasarana, hingga bimbingan dan pelatihan. Sejatinya masyarakat itu hanya perhatikan dan didorong maka mereka akan bergerak mengembangkan usahanya," ucapnya.

Lebih lanjut politikus PDIP ini menegaskan, dengan semakin banyak masyarakat yang membangun atau mengembangkan wirausaha maka akan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat itu sendiri maupun daerah.

"Dari sisi ekonomi akan meningkat begitu juga kesejahteraan masyarakat. Sehingga masyarakat jangan hanya dibiarkan sendiri dalam melakukan pengembangan tapi perlu didukung dengan maksimal," demikian Ina.