Legislator Kalteng minta kesejahteraan guru dan nakes di Pelosok lebih diperhatikan

id DPRD Kalimantan Tengah, DPRD Kalteng, Kalteng, Kalimantan Tengah

Legislator Kalteng minta kesejahteraan guru dan nakes di Pelosok lebih diperhatikan

Anggota Komisi III DPRD Kalimantan Tengah Sri Neni Trianawati. ANTARA/HO.

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota Komisi III DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) Sri Neni Trianawati mengakui, kesejahteraan guru dan tenaga kesehatan (Nakes) yang bertugas di wilayah pelosok perlu mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah daerah.

Banyak guru dan nakes di wilayah pelosok yang belum bisa dikatakan sejahtera padahal perannya penting dalam upaya meningkatkan kualitas SDM maupun menciptakan masyarakat sehat, kata Ina di Palangka Raya, Jumat.

"Soal inikan tidak kita pungkiri, banyak keluhan yang kami terima saat kegiatan reses. Mulai dari rumah dinas, sarana dan prasarana yang memang masih perlu pemerintah perbaiki lagi," ucapnya. 

Dikatakan, dengan memberikan kesejahteraan merupakan bentuk penghargaan kepada guru dan nakes, maka dari itu dalam memperhatikan hal tersebut diperlukan sinergitas antara pemerintah baik pusat maupun daerah.

Politikus Partai Golkar ini menyebutkan, pemerintah pusat bisa memberikan kenaikan gaji, dan sementara pemerintah daerah memberikan tunjangan serta memberikan tempat layak seperti rumah dinas serta kendaraan operasional untuk mendukung tugas mereka.

"Apabila guru dan nakes yang bertugas di pedalaman kejehateraannya diperhatikan maka itu akan dapat membuat mereka termotivasi untuk terus mengabdi memberikan yang terbaik bagi masyarakat," kata dia.

Persoalan ini wajib diperhatikan mengingat kebutuhan, tugas dan tanggung jawab yang diemban dianggap lebih besar dibandingkan mereka yang bertugas di wilayah perkotaan atau tempat-tempat yang mudah dijangkau.

"Harapan kita pemerintah tidak melupakan kesejahteraan guru dan nakes yang ada di wilayah pelosok. Atas pengabdian mereka wajar jika diberikan kesejahteraan, dan itu wajib dilakukan," demikian Sri Neni.