Jelang Pilkada 2024, Polda Kalteng minta masyarakat waspada isu SARA

id Polda Kalteng ,Palangka Raya ,Kalteng,Medsos,Pilkada Serentak ,Isu sara

Jelang Pilkada 2024, Polda Kalteng minta masyarakat waspada isu SARA

Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Pol Erlan Munaji. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Polda Kalteng mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai isu-isu SARA melalui media sosial yang kapan saja bisa beredar, terutama menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Pol Erlan Munaji di Palangka Raya, Kamis, mengatakan masyarakat di Kalteng tentunya sudah cerdas dalam memilah informasi di medsos sehingga mereka bijak dalam menggunakan akun medsos pribadinya.

"Meskipun masyarakat kita pintar dalam memilah isu yang berkembang di medsos, namun tidak salah kami dari Polda Kalteng kembali mengingatkan agar benar-benar masyarakat kita tidak terlibat penyebar isu yang bisa membuat propaganda, yang bisa memecah belah jelang Pilkada serentak 2024 ini," kata Erlan Munaji.

Dia menuturkan, medsos selama ini sudah sangat populer di kalangan masyarakat, maka dari itu masyarakat juga diminta agar meningkatkan kewaspadaan karena di medsos selalu banyak berita-berita memecah belah antar sesama.
 
"Bijak lah menggunakan medsos sendiri, karena kalau tidak bijak selain bisa membuat gaduh daerah, juga akan merugikan diri sendiri, salah satunya bisa berurusan dengan hukum akibat tidak bijak bermedsos," ucapnya.

Perwira berpangkat melati tiga itu menekankan, agar semua pihak menghindari penyebaran isu SARA yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

"Kami berharap pilkada kali ini dapat menjadi contoh demokrasi yang sehat dan beradab, di mana partisipasi masyarakat diimbangi dengan kesadaran akan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan," bebernya.

Baca juga: Disarpustaka Kapuas perkuat sinergi bersama Disperpusip Kalteng dan Disarpustaka Pulpis

Ia menambahkan, pihaknya menjelang pilkada tentunya Polda Kalteng terus memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah setempat, sehingga keamanan di daerah setempat berjalan dengan baik dan lancar.

Tentunya kamtibmas tersebut juga tidak luput dari dukungan dari tokoh masyarakat, agama dan adat sehingga kamtibmas di provinsi setempat terpelihara dengan baik.

"Kami mengimbau mari kita jaga kamtibmas di Kalteng, agar aktivitas masyarakat di provinsi ini bisa berjalan dengan baik bahkan pada pesta demokrasi lima tahunan sekali itu bisa berjalan sesuai dengan rencana," demikian Erlan Munaji.
 

Baca juga: Jalin kerja sama, LKBN ANTARA audiensi bersama UPR

Baca juga: Sakit tiroid membaik, warga Muara Teweh ini andalkan layanan JKN

Baca juga: Anggota DPRD Barut serahkan piala Pawai Takbir Idul Adha 1445 H