Gubernur Kalteng harap peserta Pilkada adu gagasan pembangunan

id pemprov kalteng, gubernur sugianto sabran, pilkada kalteng 2024, pilkada damai, kalimantan tengah

Gubernur Kalteng harap peserta Pilkada adu gagasan pembangunan

Foto Arsip - Gubernur Kalteng Sugianto Sabran dan istri saat menggunakan hak pilih di TPS pada gelaran pesta demokrasi, Palangka Raya, beberapa waktu lalu. (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) -
Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran mengajak dan mengharapkan seluruh peserta Pilkada 2024 pada kontestasi pemilihan gubernur-wakil gubernur, bupati-wakil bupati maupun wali kota-wakil wali kota adu ide dan gagasan dalam membangun daerah.
 
"Selamat beradu ide dan gagasan dalam pembangunan. Semoga Kalimantan Tengah mendapat pemimpin terbaik untuk seluruh masyarakat," kata Sugianto di Palangka Raya, Selasa.
 
Dia menilai semua figur pemimpin akan mengikuti program Pemerintah Pusat yang kemudian disinergikan dengan Pemerintah Provisi maupun Kabupaten/Kota di Kalteng.
 
"Siapa pun calonnya nanti baik gubernur, bupati dan wali kota, semuanya sama yaitu untuk membangun Kalimantan Tengah," ujarnya.
 
Dia pun yakin pemimpin yang terpilih nantinya pada gelaran Pilkada 2024 melanjutkan pembangunan di Kalimantan Tengah agar menjadi lebih baik dan lebih maju lagi.
 
Sugianto pun mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menyukseskan pesta demokrasi serentak tersebut, sehingga dapat berjalan aman dan lancar.
 
Dia pun mengingatkan masyarakat agar di tengah pelaksanaan Pilkada 2024 ini, dapat bersama-sama mencegah maupun mengantisipasi peredaran kabar bohong atau hoaks, apalagi yang sifatnya provokatif atau adu domba.
 
"Mari bersama-sama kita sukseskan pelaksanaan Pilkada 2024 di Kalimantan Tengah," tegasnya.

Baca juga: DPMPTSP pacu investasi di Kalteng, optimalkan jejaring promosi dan informasi
 
Sementara itu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Tengah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pilkada 2024 sebanyak 1,9 juta lebih yang tersebar di 136 kecamatan, 1.571 desa dan kelurahan di 14 kabupaten/kota.
 
"Totalnya ada 4.446 TPS, kemudian jumlah pemilihnya total sebanyak 1.960.053," kata Ketua KPU Kalteng Sastriadi.
 
Dia menerangkan, dari total 1.960.053 pemilih, tercatat 1.006.845 pemilih laki-laki dan 953.208 pemilih perempuan. Penetapan DPT ini menandai dimulainya tahapan kampanye Pilkada Kalteng 2024.
 
Masyarakat Kalteng diharap memanfaatkan kesempatan ini untuk mengenal lebih dekat para calon pemimpin dan menentukan pilihan yang tepat untuk masa depan daerah mereka.
 
Saat ini KPU Kalteng juga telah menetapkan empat pasangan bakal calon yang telah mendaftar sebagai peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 atau disahkan menjadi pasangan calon kepala daerah, hingga pengundian nomor urut.

Baca juga: Gubernur Kalteng motivasi generasi muda Bartim untuk berpendidikan tinggi

Baca juga: Pemprov Kalteng masifkan beasiswa hingga bantuan guru, pacu kemajuan pendidikan

Baca juga: Pemprov Kalteng tata regulasi sistem informasi pengendalian kebakaran lahan