Kesbangpol Kalteng edukasi masyarakat Barsel terkait pencegahan dan penanggulangan ekstremisme

id Kesbangpol Kalteng edukasi masyarakat Barselterkait pencegahan dan penanggulangan ekstremisme, kalteng, Sampit, barsel, Barito Selatan

Kesbangpol Kalteng edukasi masyarakat Barsel terkait pencegahan dan penanggulangan ekstremisme

Kegiatan sosialisasi Kesbangpol Kalteng di Buntok, Rabu (2/10/2024). ANTARA/Bayu Ilmiawan

Buntok (ANTARA) - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kalimantan Tengah melaksanakan sosialisasi pencegahan dan penanggulangan ekstremisme di Buntok, Kabupaten Barito Selatan.

Pemerintah daerah menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan atas kerjasama antara Bakesbangpol Kalteng dan Bakesbangpol Barito Selatan tersebut, kata Asisten II Sekretariat Daerah (Setda) Barito Selatan, Rahmat Nuryadin di Buntok, Rabu.

"Tujuan dilaksanakannya rencana aksi nasional penanggulangan ekstremisme berbasis kekerasan yang mengarah pada terorisme (RAN PE) ini untuk meningkatkan perlindungan hak atas rasa aman warga negara," katanya.

Dikatakannya, kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan bagian dari pelaksanaan kewajiban negara terhadap hak azasi manusia  dalam rangka memelihara stabilitas keamanan nasional.

Menurut dia, kegiatan ini dilaksanakan dengan strategi komprehensif untuk memastikan langkah sistematis, terencana, terukur dan terpadu, sehingga diperlukan kerja kolaboratif dan inklusif dari semua pihak.

Ia berharap, melalui kegiatan yang dilaksanakan tersebut dapat menyatukan pandangan bahwa radikalisme dan terorisme harus ditolak dan dimusnahkan di Kalimantan Tengah ini.

Baca juga: Legislator Barito Selatan minta pejabat yang baru dilantik menjaga disiplin kerja

Kepala Bidang Kewaspadaan Nasional dan Penanganan Konflik pada Badan Kesbangpol Kalimantan Tengah, Edi Yusuf mengatakan tujuan dari kegiatan ini dalam upaya meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pencegahan ekstremisme.

Dikatakannya, hal itu dilakukan untuk meningkatkan kewaspadaan dini di lingkungan masyarakat, sehingga keamanan dan ketertiban masyarakat tetap terus terjaga dengan baik guna suksesnya pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada 2024 ini.

Menurut dia, dalam kegiatan yang dilaksanakan ini diikuti sebanyak 100 orang yang terdiri dari pengurus organisasi, yayasan dan lembaga masyarakat, serta tokoh adat, tokoh agama, serta kepemudaan yang ada di Barito Selatan. Kemudian dari ketua forum mitra dari Kesbangpol Barito Selatan.

Narasumber dalam kegiatan ini yakni Satgas wilayah Kalteng Densus 88 anti teror, Ganjar Satriyo, ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Kalimantan Tengah, Prof Khairil Anwar.

Narasumber lainnya yakni Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Barito Selatan, dan ketua lembaga kajian dan pengembangan SDM Nahdlatul ulama Indonesia, DR Mukhlas Rozikin.

Baca juga: SMSI Barsel bagikan paket sembako kepada warga kurang mampu

Baca juga: Pelantikan unsur pimpinan DPRD Barsel definitif menunggu rekomendasi PDIP

Baca juga: DPRD apresiasi tim seni budaya Barsel raih penghargaan internasional