Dishanpang Kalteng sosialisasikan B2SA ke berbagai sekolah

id pemprov kalteng, dishanpang kalteng, B2SA Goes To School, Program Beragam Bergizi Seimbang dan Aman, kalimantan tengah, ketahanan pangan, pangan berag

Dishanpang Kalteng sosialisasikan B2SA ke berbagai sekolah

Dishanpang Kalteng melaksanakan B2SA Goes To School di Palangka Raya (8/10/2024). (ANTARA/HO-Dishanpang Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) terus menggiatkan sosialisasi Program Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) ke berbagai sekolah, salah satunya untuk mendukung terwujudnya Indonesia Emas 2045.
 
"Hal ini kami lakukan untuk mewujudkan generasi Indonesia Emas 2045 dan mempersiapkan generasi muda Indonesia berkualitas, berkompeten, dan berdaya saing tinggi," tegas Pelaksana Tugas Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Dishanpang) Kalteng Elpiansyah di Palangka Raya, Rabu.
 
Melalui sosialisasi sekaligus edukasi ini, pihaknya ingin anak-anak dapat membiasakan pola hidup sehat melalui budaya konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang, dan aman.

Baca juga: Kemendagri berikan Gubernur Kalteng Penghargaan Upakarya Wanua Nugraha 2024

Baca juga: Perkuat kolaborasi bersama pemda, MES Kalteng siap pacu sertifikasi halal
 
"Terutana kepada anak SD sederajat dalam rangka meletakkan kecerdasan dasar, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, dan keterampilan untuk hidup secara mandiri," tuturnya.
 
Elpiansyah menjelaskan, upaya ini juga bertujuan agar pelaksanaan program kegiatan tepat sasaran dan bermanfaat kepada masyarakat, khususnya dilakukan sejak usia dini untuk terwujudnya generasi Indonesia yang sehat, aktif, dan produktif.

Baca juga: Pemprov dorong perluasan kesempatan kerja bagi masyarakat Kapuas
 
Kemudian ini juga menindaklanjuti arahan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran yang ingin agar pemerintah memprioritaskan pelaksanaan program peningkatan konsumsi pangan beragam bergizi, seimbang dan aman.
 
"Dalam upaya mewujudkannya, Pemprov Kalteng melalui Dinas Ketahanan Pangan mengadakan kegiatan B2SA Goes To School," ucapnya.
 
Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan Dishanpang Kalteng Sri Damaiyanti mengatakan, B2SA Goes To School di antaranya telah dilaksanakan di SD Muhammadiyah Palangka Raya dan lainnya, serta akan dilanjutkan ke Madrasah Ibtidaiyah Jalan Murjani Palangka Raya.
 
"Selain itu, B2SA Goes To School juga sudah dilaksanakan di tiga kabupaten lain, yakni Kapuas, Pulang Pisau dan Katingan," katanya.
 
Kegiatan ini disambut antusias para guru dan siswa. Kegiatan B2SA Goes To School dinilai bermanfaat untuk menambah wawasan pengetahuan, serta diterapkan dalam kehidupan sehari-hari menuju hidup lebih baik.

Baca juga: Nakes penugasan Kemenkes bantu optimalkan layanan kesehatan di Kalteng

Baca juga: Gubernur tegaskan program bantuan untuk masyarakat, bukti hadirnya pemerintah