Warga transmigrasi DAS Barito dukung Sri Suwanto di Pilgub Kalteng

id pilkada kalteng, sri suwanto, abdul razak, asri, warga transmigran das barito, kalteng, kalimantan tengah

Warga transmigrasi DAS Barito dukung Sri Suwanto di Pilgub Kalteng

Sejumlah warga transmigrasi di kawasan DAS Barito menyatakan dukungan terhadap Sri Suwanto di Pilgub Kalteng. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Palangka Raya (ANTARA) -
Sejumlah warga transmigran yang tersebar di wilayah daerah aliran sungai (DAS) Barito kompak untuk memenangkan pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Abdul Razak-Sri Suwanto pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024.
 
"Pak Sri sudah lama dekat dengan masyarakat transmigrasi. Kami melihat beliau sebagai sosok pemimpin yang jujur, punya integritas," ungkap tokoh masyarakat Barito Utara Toha dalam pernyataan yang diterima di Palangka Raya.
 
Selain itu, lanjut dia, Sri Suwanto yang merupakan pasangan Abdul Razak pada Pilkada Kalteng 2024 juga selalu memperhatikan kebutuhan masyarakat kecil.
 
"Termasuk kami yang berada di pedalaman. Kami rasakan kehadiran beliau," katanya.

Baca juga: Sri Suwanto sesalkan musibah nelayan Sukabumi, tekankan pentingnya perlindungan masyarakat pesisir
 
Tokoh masyarakat lainnya dari Kabupaten Barito Selatan Wahid juga mengungkapkan hal senada dengan Toha.
 
“Kami kompak mendukung Pak Sri Suwanto karena kami yakin beliau mampu membawa perubahan," tuturnya.
 
Menurut, Wahid, kehadiran Sri Suwanto di pemerintahan selama ini sangat membantu masyarakat dalam hal program-program kesejahteraan.
 
"Kami berharap, jika terpilih, Pak Sri bisa semakin memperhatikan nasib kami yang ada di DAS Barito," ujarnya.
 
Mereka secara tegas menyatakan dukungan penuh untuk memenangkan Sri Suwanto yang dikenal luas sebagai tokoh birokrat dan Ketua Paguyuban Kulowargo Wong Jowo (Pakuwojo).
 
Ia dianggap sebagai figur yang mewakili kepentingan dan aspirasi masyarakat transmigran, khususnya masyarakat Jawa di Kalteng.
 
Masyarakat transmigrasi yang sebagian besar berasal dari Pulau Jawa, dinilai merasa memiliki keterikatan kultural dan emosional dengan Sri Suwanto.
 
Berkat kiprah dan kepemimpinan di Pakuwojo, Sri Suwanto juga dinilai banyak berkontribusi dalam menjaga harmoni sosial dan mengangkat kesejahteraan masyarakat Jawa di Kalteng.
 
Tak hanya itu, Sri Suwanto juga dinilai memiliki rekam jejak yang kuat dalam dunia birokrasi dengan berbagai program pembangunan yang berpihak pada kesejahteraan masyarakat transmigrasi dan kawasan pedalaman.

Baca juga: Razak-Sri Suwanto fokus buka lapangan kerja, tingkatkan pertumbuhan UMKM

Baca juga: Catat! Berikut Program 100 Hari Abdul Razak-Sri Suwanto

Baca juga: Dukung industri kreatif dan seni budaya, paslon ASRI luncurkan lagu