Fakultas Kedokteran UMPR mulai terima mahasiswa baru

id fakultas kedokteran umpr, universitas muhammadiyah palangkaraya, umpr, dokter kalteng, kalimantan tengah

Fakultas Kedokteran UMPR mulai terima mahasiswa baru

Gedung Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palangkaraya, di Palangka Raya. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Palangka Raya (ANTARA) -
Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mulai menerima pendaftaran mahasiswa baru pada tahun akademik 2024/2025.
 
"Fakultas Kedokteran UMPR baru saja menerima surat izin operasional dari Kementerian. Untuk itu saat ini kami mulai menerima pendaftaran mahasiswa baru," kata Rektor UMPR Dr Muhammad Yusuf di Palangka Raya, Selasa.
 
Dia mengatakan, pada awal pembukaan dan izin operasional, sesuai peraturan yang ada Fakultas Kedokteran baru bisa menerima 50 mahasiswa baru.
 
"Untuk itu, bagi masyarakat di Kalimantan Tengah atau siapapun yang berkeinginan menjadi dokter, segera daftarkan diri karena memang kuota saat ini terbatas," Katanya.
 
Yusuf mengatakan, perkuliahan di Fakultas Kedokteran UMPR telah dirancang sedemikian rupa sehingga standar alat, SDM dosen maupun fasilitas seperti laboratorium, ruangan belajar perpustakaan dan lainnya sangat mendukung untuk pelaksanaan perkuliahan.
 
Pihaknya juga menyiapkan sarana asrama di lingkungan kampus bagi mahasiswa. Para dosen juga berperan sebagai mentor sehingga Fakultas Kedokteran UMPR menghadirkan suasana yang nyaman dan mudah dengan tetap menerapkan standar perkuliahan yang ada.
 
"Kami juga menargetkan di tahun kedua akhir bisa meningkatkan akreditasi, sehingga nantinya lulusan Fakultas Kedokteran UMPR, para dokter-dokter muda ini bisa lulus dengan akreditasi baik sekali," katanya.

Baca juga: Lulusan FBI UMPR siap berkiprah bangun Kalteng
 
Yusuf menambahkan, pendirian Fakultas Kedokteran merupakan jawaban dari tantangan terkait pemenuhan kebutuhan tenaga dokter di daerah, di Kalimantan Tengah dan kebutuhan dokter secara nasional.
 
"Program ini juga merupakan upaya dan keterlibatan UMPR dalam menyiapkan kader kesehatan yang nantinya memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat," katanya.
 
Wakil Dekan 1 Fakultas Kedokteran UMPR Dr dr Faradila menambahkan, saat ini sudah ada beberapa calon mahasiswa yang mendaftar. Jumlah itu juga terus bertambah.
 
Dia menerangkan, pelaksanaan perkuliahan FK UMPR akan dilaksanakan di Kampus III UMPR kawasan lingkar luar, Kota Palangka Raya. Lokasi kampus ini juga berjarak sekitar 1-2 kilometer dari kawasan Wisata Air Hitam Kereng Bangkirai.
 
"Pada 25 sampai 27 Oktober kami akan melaksanakan serangkaian tes masuk pada Fakultas Kedokteran UMPR. Pada 28 Oktober sudah ada hasil dan pada 29 Oktober mahasiswa sudah dapat memproses registrasi sebagai mahasiswa baru, sudah mendapatkan NIM serta mendapatkan kartu studi atau KRS," katanya.

Baca juga: Tim akademisi UMPR latih IKM kelola administrasi keuangan

Baca juga: Tim E-sport FBI UMPR juarai turnamen Mobile Legend

Baca juga: Akademisi tingkatkan mitigasi lingkungan lewat pengelolaan sampah