DPRD Kalteng minta banjir di Murung Raya ditangani bersama

id DPRD Kalteng minta banjir di Murung Raya ditangani bersama, kalteng, dprd kalteng, Palangka raya, banjir

DPRD Kalteng minta banjir di Murung Raya ditangani bersama

Personel Satbrimob Polda Kalteng, pada saat menyalurkan bantuan sembako kepada korban banjir di Kabupaten Murung Raya, beberapa waktu lalu. ANTARA/HO-Humas Polda Kalteng.

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Tengah, Sirajul Rahman meminta agar semua pihak, yakni pemerintah daerah, kepolisian dan TNI agar dapat bersama-sama menangani dampak banjir yang saat ini terjadi di Kabupaten Murung Raya.
 
"Pemerintah harus segera memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak banjir, baik di sekitar DAS Barito, maupun khususnya di Murung Raya saat ini," katanya di Palangka Raya, Rabu.
 
Dia menekankan perlunya tindakan cepat dan terkoordinasi dari pemerintah daerah untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir.

Untuk itu, penting bagi pemerintah, kepolisian dan TNI agar dapat meningkatkan kerja sama dalam melancarkan penyaluran bantuan ke korban banjir
 
"Misalnya dari kepolisian membantu mengamankan agar tidak terjadi penjarahan. Karena memang masyarakat pastinya menunggu bantuan tersebut," ucapnya.

Baca juga: Pemerintah daerah diminta pastikan pembangunan di Kalteng merata

Sirajul mengatakan, berdasarkan laporan saat ini masyarakat di Kabupaten Murung Raya memerlukan bantuan berupa makanan, obat-obatan, pampers, susu anak serta pakaian layak pakai baik untuk ibu dan balita.
 
Selain itu, Sirajul juga menyoroti pentingnya kepolisian membantu mengamankan rumah-rumah warga yang ditinggalkan selama masa pengungsian.
 
"Pihak kepolisian dan aparat keamanan lainnya harus melakukan pengamanan ketat untuk mencegah tindakan kriminal yang memanfaatkan situasi darurat ini," ujarnya.
 
Politisi PKS ini juga mengapresiasi langkah cepat pemerintah provinsi yang telah mengirimkan bantuan berupa makanan dan tim kesehatan bagi para pengungsi.

Langkah tersebut dinilai merupakan wujud pemerintah hadir untuk memberikan perhatian kepada masyarakat, khususnya bagi mereka yang menjadi korban banjir.
 
"Namun jangan sampai bantuan ini hanya di awal saja, tetapi sampai banjir benar-benar surut dan masyarakat kembali beraktivitas. Karena ini adalah tanggung jawab bersama untuk meringankan penderitaan masyarakat yang terdampak banjir," demikian Sirajul.

Baca juga: Cegah kecelakaan perairan DPRD dan Pemprov Kalteng sosialisasikan Perda Nomor 8 Tahun 2024

Baca juga: Dukung secara optimal investasi sawit terus tumbuh dan berkembang di Kalteng

Baca juga: DPRD Kalteng beri penghormatan terakhir untuk Almarhum Agus Pramono