Pemuda Palangka Raya diajak tingkatkan kemampuan dan kompetensi diri

id Pemuda Palangka Raya diajak tingkatkan kemampuan dan kompetensi diri, Palangka raya, dprd Palangka raya

Pemuda Palangka Raya diajak tingkatkan kemampuan dan kompetensi diri

Anggota Komisi II DPRD Kota Palangka Raya, Khemal Nasey. ANTARA/Rajib Rizali

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota Komisi II DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Khemal Nasery meminta kepada seluruh generasi muda di daerah ini agar dapat menjadikan hari sumpah pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober menjadi momentum untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi diri.

"Pemuda adalah generasi penerus bangsa yang memiliki peran penting dalam pembangunan daerah. Untuk itu, mereka harus menghindari perilaku negatif seperti narkoba, pergaulan bebas, dan minuman keras," katanya di Palangka Raya, Senin.
 
Khemal menekankan bahwa pemuda di Palangka Raya harus aktif dalam kegiatan positif yang dapat meningkatkan sumber daya dan kemampuan mereka.

Terlebih di era globalisasi saat ini, persaingan semakin ketat sehingga para pemuda harus memiliki bekal yang kuat agar mampu bersaing di kancah nasional maupun internasional.
 
"Tetapi saya juga mengingatkan pentingnya menumbuhkan rasa cinta kepada bangsa Indonesia. Pemuda harus berbuat yang terbaik untuk negara. Mereka harus setia kepada tanah air dan bahasa Indonesia," ucapnya.
 
Khemal mengungkapkan, bahwa sumpah pemuda merupakan hasil dari Kongres Pemuda II yang diadakan pada 27-28 Oktober 1928, memiliki makna yang mendalam bagi bangsa Indonesia.

Baca juga: Jelang Natal, waspadai peredaran uang palsu

Bahkan sumpah pemuda menjadi tonggak sejarah yang mempersatukan perjuangan bangsa, menekankan kebanggaan akan bahasa Indonesia, dan menjaga keutuhan bangsa.
 
"Sumpah Pemuda juga membangkitkan jiwa nasionalisme dan memperkuat rasa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang ada di dalam diri masyarakat," ujarnya.

Untuk itu politisi partai Golkar ini berharap peringatan hari sumpah pemuda dapat menjadi momen refleksi bagi pemuda untuk meningkatkan kemampuan diri, menumbuhkan rasa nasionalisme, dan berkontribusi aktif dalam pembangunan daerah.

Ia juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mendukung dan membimbing pemuda dalam mencapai cita-cita mereka sehingga pemuda di daerah ini dapat menjadi generasi penerus yang tangguh, berintegritas, dan mampu membawa bangsa Indonesia menuju masa depan yang lebih baik.

"Mari kita ciptakan lingkungan yang kondusif bagi pemuda untuk berkembang dan berkarya. Pemuda adalah aset bangsa yang harus terus diasah dan dikembangkan. Mereka harus memiliki jiwa kepemimpinan, kreatif, dan inovatif untuk menghadapi tantangan zaman," demikian Khemal.

Baca juga: Basirun B Sahepar diusulkan nama wakil ketua I DPRD Kota Palangka Raya

Baca juga: DPRD Palangka Raya minta polisi usut tuntas kebakaran rumah kosong

Baca juga: DPRD Palangka Raya minta polisi usut tuntas kebakaran rumah kosong