Tiga Akses Jalan Pulpis Dibenahi Guna Perlancar Arus Mudik

id Pulang Pisau, Tiga Akses Jalan Pulpis Dibenahi, arus mudik, DPU Pulpis, Ferdinan, Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Pulang Pisau

Tiga Akses Jalan Pulpis Dibenahi Guna Perlancar Arus Mudik

Tiang pondasi jembatan rangka baja di Kecamatan Sebangau Kuala yang ditargetkan pemerintah setempat terhubung tahun ini (FOTO ANTARA Kalteng/Adi Waskito)

Pulang Pisau (Antara Kalteng) - Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Hargatin melalui Kasi Peningkatan Jalan dan Jembatan, Ferdinan mengungkapkan bahwa dalam mengantisipasi kelancaran arus mudik lebaran, ada tiga akses jalan masuk utama ke daerah setempat yang mendapat prioritas penanganan perbaikan. 

"Ada tiga akses yang menjadi pintu masuk ke Pulang Pisau (Pulpis), dan hampir sebagian sudah dibenahi untuk persiapan antisipasi arus mudik dan arus balik," kata Ferdinan di Pulang Pisau, Selasa.

Ia mengungkapkan tiga akses masuk tersebut yakni ruas jalan Kahayan Tengah dan Banama Tingang yang penanganan pemeliharaannya dilakukan oleh Dinas PU Provinsi Kalimantan Tengah dengan anggaran yang dialokasikan mencapai Rp30 Miliar dan sudah menjalani proses lelang awal tahun lalu. 

Selanjutnya, akses masuk dari Desa Gohong menuju Kecamatan Pandih Batu dan Maliku. 

Pemeliharaan dan penanganan jalan ruas jalan provinsi ini telah dialokasikan oleh Dinas PU Provinsi Kalimantan Tengah. Dinas PU setempat juga telah menerima surat bahwa peningkatan ruas jalan provinsi 

Satu jalan akses masuk Pulang Pisau lagi, terang Ferdinan, adalah jalan hingga menuju Desa Blanti Kecamatan Pandih Batu. Jalan tersebut ditangani oleh pemerintah setempat, dan pihaknya sudah menurunkan alat berat untuk melakukan pemeliharaan jalan didaerah tersebut.

Terlepas dari tiga akses jalan tersebut, Ferdinan juga menjelaskan terkait dengan akses jalan menuju Kecamatan Sebangau Kuala. Apabila tidak ada halangan, tahun ini sudah dilakukan pemasangan jembatan rangka baja.

Menurutnya, pada tahun ini pihaknya juga telah merubah pola penanganan jalan di Kecamatan Sebangau Kuala. Sebelumnya, pola penanganan dilakukan dari arah Kecamatan Pandih Batu. Sekarang ini penanganan jalan juga dilakukan dari arah ibukota Kecamatan Sebangau Kuala, sehingga penanganan dari kedua arah itu, peningkatan jalan bisa berjalan lebih maksimal.

Ferdinan juga menambahkan untuk peningkatan ruas jalan di daerah tersebut dilakukan sampai pada tahap pengerasan dengan progress Base B. Diharapkan, penyelesaian terhadap peningkatan jalan dapat mempermudah akses masuk barang dan jasa di Kecamatan Sebangau Kuala.