Ratusan Anggota Komunitas Palangka Raya Antre Donor Darah

id palangka raya, PMI palangka raya, KSR PMI, kopihan, ego caoffee, donor darah

Ratusan Anggota Komunitas Palangka Raya Antre Donor Darah

Ketua PMI Kota Palangka Raya H Rusliansyah (kiri) saat meninjau kegiatan Donor Darah Massal yang diprakarsai oleh Pemilik Kedai Kopihan Bobby Rahman (kanan), bekerjasama dengan menggandeng sejumlah komunitas yang ada di Palangka Raya, Minggu (25/9/20

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Ratusan anak muda dari sekitar 40 komunitas yang ada di Kota Palangka Raya sejak pagi antusias mengantre untuk mengikuti aksi donor darah massal, yang diinisiasi dari salah satu pengusaha kuliner muda Bobby Rahman bersama rekannya pengelola akun info Palangka Raya (infoPLK) Anthony Sinaga.

Berdasarkan pantauan Antara, di Palangka Raya, Minggu, Kedai Kopihan milik Bobby sudah terlihat ramai sejak pukul 09.00 WIB. Para pendonor darah terus berdatangan silih berganti, yang kebanyakan adalah anak muda yang merupakan fans atau para pecinta bola dan kendaraan bermotor.

"Kegiatan ini sudah kami rencananya jauh-jauh hari, dan kebetulan para anggota komunitas bola yang sering nongkrong di Kopi Han juga menyambut baik acara tersebut, sehingga dengan dukungan beberapa sponsor donor darah massal ini bisa terselenggara," kata Bobby.

Kemudian, kebetulan Korps Sukarela PMI Palangka Raya juga mendukung kegiatan tersebut sehingga program kemanusiaan tersebut bisa berjalan dengan lancar. Bahkan jumlah pendonor yang hadir itu diluar perkiraan panitia pelaksana.

Untuk diketahui, karena begitu antusiasnya dalam kegiatan tersebut pendonor yang datang juga tidak hanya dari kalangan komunitas bola, tapi ada juga komunitas kendaraan bermotor, komunitas musik, komunitas pecinta binatang, bahkan masyarakat umum karena tertarik dengan keramaian donor darah massal tersebut.

Ketua Panitia Pelaksana Donor Darah, Anthony Sinaga mengungkapkan, kegiatan sosial tersebut sebagai salah satu upaya membuat masyarakat muda untuk juga peduli dengan program kemanusiaan. Sehingga perlu adanya pancingan dan motivatasi dalam menggerakan untuk berpartisipasi dalam program sosial, salah satunya adalah donor darah.

"Kami ingin terus memberikan kontribusi yang positif, dan aktif melaksanakan program-program sosial sehingga masyarakat muda sebagai generasi penerus bangsa nantinya juga dapat memberikan pemahaman yang sama kepada generasi mendatang," ujarnya.

Sementara itu, Ketua PMI Kota Palangka Raya, Rusliansyah memberikan apresiasi yang luar biasa dari kegiatan tersebut, sebab tidak disangka ratusan orang malah mengantre untuk ikut mendonorkan darahnya.

"Kami sangat senang dan bangga, masih ada kalangan pemuda yang mau menggerakan kawan-kawannya untuk melaksanakan program kemanusiaan tersebut. Semoga saja hal ini bisa terus berlanjut dan menjadi agenda rutin mereka, dan PMI siap mendukung program tersebut," ujar Rusli.

Melalui kegiatan tersebut, Rusli juga berharap bahwa itu dapat menjadi contoh bagi masyarakat Kota Palangka Raya pada umumnya, sehingga dengan banyaknya pendonor diharapkan nantinya stok kantong darah dapat selalu tersedia ketika orang membutuhkan.

"Saat ini kami juga berupaya melakukan terobosan, bagaimana caranya agar persediaan kantong darah di unit pelayanan PMI tersebut bisa terus tersedia, sehingga masyarakat tidak kesulitan mencari darah," demikian Rusli. 


Pewarta :
Editor : Zaenal A.
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Komentar