Ratusan personel Polri dan TNI amankan Lebaran di Palangka Raya

id pemkot palangka raya,polres palangka raya,pengamanan lebaran,hari raya idul fitri 1440 hijriah,tni,dandim,arus mudik lebaran,tindak kejahatan,bulan su

Ratusan personel Polri dan TNI amankan Lebaran di Palangka Raya

Kapolres Palangka Raya AKBP Timbul RK Siregar (kiri) bersama Dandim 1016/Plk Letkol Czi Chandra Adibrata usai melaksanakan Gelar Pasukan Operasi Ketupat Telabang 2019 di halaman kantor Wali Kota Palangka Raya, Selasa, (28/5/19). (Foto Antara Kalteng/Adi Wibowo)

Palangka Raya (ANTARA) - Sebanyak 600 personel yang berasal dari Polres Palangka Raya dan Kodim 1016/Plk, Kalimantan Tengah dikerahkan untuk mengamankan perayaan Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

"Personel yang diturunkan itu, disebar di lima pos yang sudah didirikan, sedangkan sisanya bersiaga di markas komando masing-masing," kata Kapolres Palangka Raya AKBP Timbul RK Siregar usai Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Telabang 2019 di halaman kantor Wali Kota Palangka Raya, Selasa.

Timbul menjelaskan, pembangunan pos pelayanan serta pengamanan disesuaikan dengan tingkat kerawanan di masing-masing wilayah, baik itu tindak kejahatan, kecelakaan serta pencurian yang kapan saja bisa terjadi.

Untuk pos terpadu berada di Jalan Yos Sudarso, sedangkan pos pelayanan ada di kawasan Hypermart, Jalan Mahir Mahar, Jalan Ahmad Yani kawasan pasar besar dan terakhir di Bandar Udara Tjilik Riwut.

Kemudian semua personel yang dilibatkan baik TNI-Polri dipersenjatai sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) nya masing-masing. Mereka juga melakukan patroli bersama untuk mengamankan wilayah hukumnya dari hal-hal yang berpotensi merugikan masyarakat.

"Melalui pola pengamanan tersebut kami ingin berbagai tindak kejahatan yang ada di Palangka Raya bisa dicegah dan ditekan menjadi seminim mungkin," tegasnya kepada awak media.

Lebih lanjut ia memaparkan, pihaknya tidak hanya berfokus pada kondisi keamanan saja, namun juga terhadap sejumlah jalur lintasan yang rawan terjadi kecelakaan dan sering dilalui pemudik. Jalur itu meliputi Jalan Mahir Mahar arah Kota Banjarmasin dan Jalan Tjilik Riwut arah Kabupaten Katingan.

Pada Gelar Pasukan Operasi Ketupat Telabang 2019 bertindak sebagai pemimpin apel adalah Dandim 1016/Plk Letkol Czi Chandra Adibrata. Sementara pesertanya meliputi petugas dari Dinas Perhubungan, pasukan Pemadam Kebakaran dan anggota Satuan Polisi Pamong Praja.