Kualitas SDM jadi penentu kemajuan koperasi di Kalteng

id Diskop ukm, kalteng, kalimantan tengah, lies fahimah, dinas koperasi, koperasi, ukm, usaha kecil menengah, umkm, palangka raya, rat, pengurus, sdm, ko

Kualitas SDM jadi penentu kemajuan koperasi di Kalteng

Kepala Diskop UKM Kalteng Lies Fahimah bersama peserta pelatihan dari Kotim, Seruyan dan Lamandau, Palangka Raya, Sabtu, (21/9/2019). (ANTARA/Ho-Diskop UKM Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) Provinsi Kalimantan Tengah menegaskan, kualitas sumber daya manusia (SDM) atau tingkat kemampuan setiap pengurus menjadi salah satu faktor penting, sekaligus penentu kemajuan sebuah koperasi.

"Untuk itu pemerintah daerah terus berupaya, agar kualitas SDM setiap koperasi di Kalteng bisa terus ditingkatkan," kata Kepala Diskop UKM Kalteng Lies Fahimah di Palangka Raya, Minggu.

Koperasi sebagai gerakan ekonomi rakyat maupun badan usaha perlu meningkatkan kualitasnya secara berkala, agar menjadi kuat dan mandiri sesuai dengan prinsip koperasi. Namun untuk mewujudkannya, bukan hanya menjadi tugas koperasi, tetapi juga pemda dan pihak terkait lainnya.

Sehingga berbagai pelatihan yang diberikan oleh pemda saat ini, merupakan bentuk kepedulian khususnya oleh Diskop UKM Kalteng, agar koperasi tumbuh dan berkembang karena dikelola oleh pengurus yang mengerti serta mampu melaksanakan tugas maupun fungsinya.

"Diantaranya, kami baru saja melaksanakan pelatihan akuntansi dan penyusunan laporan keuangan koperasi, bagi pengurus koperasi di Kabupaten Kotawaringin Timur, Seruyan serta Lamandau," ungkapnya kepada ANTARA.

Sementara itu, kondisi koperasi di Kalteng berdasarkan online data sistem (ODS) per 31 Agustus 2019, yaitu jumlah koperasi keseluruhan mencapai 3.085 unit, terdiri dari koperasi aktif sebanyak 2.388 unit dan tidak aktif sebanyak 697 unit.

Dari total koperasi aktif itu yang melaksanakan rapat anggota tahunan (RAT) tahun buku 2018 adalah sebanyak 332 unit atau 13,90 persen. Tentunya jumlah itu menjadi bahan evaluasi bagi pihaknya, untuk ditindaklanjuti dan dibenahi.

Kemudian pada tahun 2019 ini, Diskop UKM Kalteng akan melaksanakan pelatihan sebanyak 21 angkatan, diantaranya pelatihan akuntansi dan penyusunan laporan keuangan koperasi sebanyak lima angkatan dan beberapa lainnya.

"Melalui pelatihan dan berbagai upaya lainnya yang kami lakukan, menjadi solusi terhadap permasalahan tidak dilaksanakannya RAT oleh sebagian koperasi yang ada di Kalteng," tutur Lies.
 

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar