OJK bahas bantuan usaha mikro bersama perbankan dan Pemprov Kalteng

id Otoritas jasa keuangan kalimantan tengah, ojk kalteng, bantuan usaha mikro, dinas koperasi dan ukm, umkm, usaha mikro kecil menengah, bantuan produkti 1.589 Views

OJK bahas bantuan usaha mikro bersama perbankan dan Pemprov Kalteng

Pertemuan OJK bersama Diskop UKM Kalteng dan BRI, membahas tentang program Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM), Rabu (19/8/2020). (ANTARA/HO-OJK Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Kalimantan Tengah melakukan pertemuan dengan pemerintah provinsi dan perbankan di wilayah setempat membahas tentang program Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM).

"Dalam hal ini, perbankan dimaksud adalah BRI sebagai penyalur bantuan dan pemprov diwakili Dinas Koperasi dan UKM," kata Kepala OJK Kalteng Otto Fitriandy saat dihubungi di  Palangka Raya, Kamis.

Koordinasi itu pihaknya lakukan, dalam rangka mengawal implementasi program Pemulihan Ekonomi Nasional atau PEN yang terus digalakkan pemerintah pusat.

Otto menjelaskan pada pencairan tahap awal BPUM diberikan satu kali dalam bentuk saldo rekening simpanan sebesar Rp2,4 juta. Dana BPUM tahap awal itu diberikan kepada nasabah eksisting BRI.

"Melalui pertemuan itu dibahas mengenai pelaku usaha yang berhak menerima dengan memenuhi sejumlah kategori yang ditentukan. Termasuk pelaku usaha yang berhak menerima bantuan pada tahap berikutnya," jelasnya.

Baca juga: Pertumbuhan kredit sektor pertanian di Kalteng cukup menjanjikan

Baca juga: Gubernur Kalteng sebut UMKM miliki peran penting sukseskan PEN

Baca juga: Himbara di Kalteng mulai salurkan dana PEN


Sementara itu, Sekda Kalteng Fahrizal Fitri yang diwakili Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kalteng Ati Mulyati menjelaskan, pihaknya siap bersinergi bersama seluruh instansi terkait, agar penyaluran bantuan terlaksana dengan baik dan lancar.

"Dinas Koperasi dan UKM telah mengoordinasikan terkait pelaku usaha yang berpotensi menerima BPUM, namun tidak termasuk dalam nasabah eksisting BRI tersebut, agar bisa ditindaklanjuti kedepannya," katanya.

Lebih lanjut, pihak BRI juga menyampaikan telah menginisiasi produk pinjaman 'lower mikro' dengan konsep 'KUR super mikro' guna mendukung suksesnya program Pemulihan Ekonomi Nasional.

Untuk itu, pemerintah provinsi melalui Dinas Koperasi dan UKM Kalteng, siap memberikan data-data UMKM yang berpotensi mendapat pinjaman 'lower mikro' dengan konsep 'KUR super mikro' tersebut.


Baca juga: OJK siapkan skema kredit suku bunga rendah di Kalteng

Baca juga: OJK dorong Himbara realisasikan penyaluran kredit di Kalteng

Baca juga: Panduan penyusunan laporan keuangan untuk perbankan dari OJK

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar