BPJAMSOSTEK ajak pemda tingkatkan perlindungan tenaga kerja melalui Paritrana Award

id bpjamsostek palangka raya,royyan huda,paritrana awards,BPJAMSOSTEK ajak pemda tingkatkan perlindungan tenaga kerja melalui Paritrana Award

BPJAMSOSTEK ajak pemda tingkatkan perlindungan tenaga kerja melalui Paritrana Award

Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Ilyas Lubis melakukan Sosialisasi nasional dan persiapan penilaian Paritrana Award tahun 2020 yang dilakukan secara daring beberapa waktu lalu. (ANTARA/BPJAMSOSTEK Palangka Raya)

Palangka Raya (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) meminta pemerintah daerah meningkatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan melalui program Paritrana Award yang setiap tahun digelar badan penyelenggara jaminan sosial bagi para tenaga kerja tersebut.

"Paritrana Award merupakan momentum bagi pemerintah provinsi, pemerintah daerah dan perusahaan untuk ikut andil dalam perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan," kata Kepala Kantor BPJAMSOSTEK Palangka Raya Royyan Huda, Rabu.

Baca juga: BPJAMSOSTEK bentuk desa sadar jaminan sosial di Pulang Pisau

Dia menerangkan Paritrana Award merupakan bentuk apresiasi kepada pemerintah daerah dan perusahaan yang pada tahun berjalan mendukung penuh implementasi dan tertib administrasi jaminan sosial ketenagakerjaan.

Sementara itu, proses penilaian penghargaan Paritrana Awards 2020 akan dilakukan pada awal tahun 2021 dan selanjutnya diteruskan dengan proses seleksi lanjutan hingga penyerahan Piala Paritrana. Direncanakan penyerahan piala itu diserahkan oleh Presiden/Wakil Presiden Republik Indonesia.

Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, E. Ilyas Lubis melalui pernyataan tertulis yang diterima di Palangka Raya mengapresiasi langkah pemerintah daerah dan perusahaan peserta yang sebelumnya meraih Paritrana Award.

"Periode penilaian untuk penghargaan ini diambil dari awal Januari sampai akhir tahun 2020. Pada tahun ini kriteria penilaian ditambahkan indikator perlindungan relawan COVID-19 sebagai bagian perlindungan pekerja rentan," katanya.

Ilyas menjelaskan dari tahun ke tahun, jumlah partisipasi kandidat penerima Paritrana Award cukup banyak. Pada tahun 2019 saja tercatat 365 kandidat.

Baca juga: Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan diluncurkan di Pulang Pisau

"Semoga para kandidat tahun ini bisa mencapai hasil yang maksimal sebagai buah dari usaha besar dalam mendukung dan mengimplementasikan jaminan sosial ketenagakerjaan di daerah dan perusahaan masing-masing," katanya.

Dia berharap Paritrana Award dapat memicu semangat dan memotivasi semua pihak agar terwujud perlindungan menyeluruh bagi seluruh pekerja di Indonesia.

Baca juga: BPJAMSOSTEK berharap pemda segera keluarkan pergub terkait BPJS

Baca juga: BPJAMSOSTEK sosialisasikan cara dapatkan diskon iuran 99 persen

Baca juga: BPJAMSOSTEK Palangka Raya ajak pengusaha manfaatkan relaksasi iuran