Fairid Naparin ajak pemuda aktif dalam pembangunan daerah

id fairid naparin,knpi palangka raya,Fairid Naparin ajak pemuda aktif dalam pembangunan daerah

Fairid Naparin ajak pemuda aktif dalam pembangunan daerah

Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin saat pembukaan Musda ke-16 DPD KNPI Kota Palangka Raya, Selasa (16/2/2021). (ANTARA/Rendhik Andika)

Palangka Raya (ANTARA) - Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin mengajak para pemuda terutama para kader organisasi kepemudaan dan anggota Komite Pemuda Nasional Indonesia (KNPI) Palangka Raya semakin aktif terlibat dalam menyukseskan berbagai program yang dicanangkan pemerintah.

"Memajukan pembangunan dan menyejahterakan masyarakat bukan hanya tanggung jawab pemerintah melainkan semua pihak termasuk para pemuda baik anggota KNPI maupun pada anggota ormas kepemudaan," kata Fairid di Palangka Raya, Selasa.

Pernyataan itu diungkapkan Fairid saat membuka acara Musyawarah Daerah ke-16 Dewan Pimpinan Daerah (DPD) KNPI Kota Palangka Raya di salah satu hotel di kota setempat.

Baca juga: KNPI sebut Sahati membawa perubahan besar kemajuan Kotim

Kepala daerah termuda di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah ini mengatakan para pemuda juga harus memiliki kemandirian, responsif, mampu beradaptasi dengan cepat serta selalu mampu melihat peluang serta terus berkreasi dan berinovasi.

"Semua itu akan membentuk karakter sumber daya manusia (SDM) pemuda yang unggul sehingga semakin mampu terlibat aktif membangun daerah serta sebagai modal utama sebagai calon penerus kepemimpinan di masa depan," katanya.

Fairid juga meminta generasi muda terutama yang bergabung di organisasi kepemudaan dan KNPI mensinergikan program kerjanya dengan program kerja pemerintah.

Baca juga: KNPI Palangka Raya kirim bantuan logistik ke Kalsel

"Untuk itu, KNPI sebagai wadah berhimpunnya anggota organisasi kepemudaan harus mampu menjembatani sinergitas program OKP dan pemerintah. Salah satunya dengan mengadakan membedah RPJMD untuk dapat mensinergikan program membangun daerah," katanya.

Selanjutnya Fairid juga meminta jajaran pengurus DPD KNPI yang nantinya mendapat amanah menjalankan roda organisasi dapat membentuk kader-kader terbaik bangsa di setiap organisasi kepemudaan yang diwakili sehingga semakin mampu memberikan sumbangsih dalam mensukseskan setiap program pembangunan.

Di sisi lain, dia juga meminta para pemuda terutama yang tergabung di KNPI Palangka Raya turut menjadi garda terdepan dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah.

"Selalu berikan contoh dan sampaikan pentingnya penerapan protokol kesehatan di setiap aktivitas. Apalagi sampai saat ini penyebaran COVID-19 masih berlangsung di Palangka Raya," katanya.

Baca juga: KNPI Kalteng bagikan sembako Kemensos RI kepada masyarakat

Baca juga: KNPI Kalteng bahas Omnibus Law bersama pemprov dan mahasiswa

Baca juga: KNPI diminta jadi garda terdepan pembangunan di Bartim