Surat suara untuk PSU Pilkada Banjarmasin sudah siap

id PSU Pilkada Banjarmasin 2020, KPU Kota Banjarmasin, Pilkada Kalsel

Surat suara untuk PSU Pilkada Banjarmasin sudah siap

Pelipatan surat suara untuk Pilkada 2020 Kota Banjarmasin.(Antaranews Kalsel/Dok Antara)

Jadi persiapan kita sudah cukup matang ini untuk gelar PSU, sebab tinggal sepekan lagi

Banjarmasin (ANTARA) - Sebanyak 29.056 surat suara untuk gelar pemungutan suara ulang (PSU) Pilkada Kota Banjarmasin 2020 yang akan dilaksanakan di tiga kelurahan pada 28 April ini dinyatakan sudah siap.

"Jumlah surat suara yang siap sesuai jumlah daftar pemilih tetap di tiga kelurahan yang laksanakan PSU, ada cadangan 2,5 persennya," ujar anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin Taufiqurakhman di Banjarmasin, Rabu.

Menurut dia, surat suara untuk PSU ini mulai dilipat sejak hari ini dengan penjagaan sangat ketat didukung pihak berwajib di Gedung Wanita Kalsel, di Banjarmasin.

"Jadi persiapan kita sudah cukup matang ini untuk gelar PSU, sebab tinggal sepekan lagi," paparnya.

Baca juga: PSU di tengah melonjaknya kasus COVID-19 di Kalsel

Selain surat suara, ucap Taufiqurrakhman, logistik lainnya seperti kotak surat suara, bilik pencoblosan dan tinta penanda pemilih sudah mencoblos serta lainnya juga sudah siap.

"Termasuk logistik untuk sarapan pencegahan penyebaran COVID-19, sarung tangan, alat pengukur suhu tubuh dan tempat cuci tangan," bebernya.

Menurut dia, ada sebanyak 80 tempat pemungutan suara (TPS) di tiga kelurahan di Banjarmasin Selatan, yakni, Mantuil, Murung Raya dan Basirih Selatan yang menyelenggarakan PSU sesuai amar putusan Mahkamah Konsitusi (MK).

Pihaknya pun, ungkap Taufiq, juga sudah membentuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) hingga Panitia Pemungutan Suara (PPS) dengan sosok yang baru sesuai perintah MK untuk penyelenggaraan PSU tersebut.

Sebelumnya, Kepala Kesbangpol Kota Banjarmasin Kasman mengatakan, untuk meningkatkan partisipasi pemilih datang ke TPS pada gelar PSU nanti, Pemkot dan KPU berencana membuat undian berhadiah bagi pemilih.

"Jadi rencananya, warga yang datang ke TPS diberikan kupon undian. Nanti diundi. Doorprize-nya sendiri disediakan oleh Pemko dan KPU," ujarnya.

Rincian TPS dan pemilih pada gelar PSU di tiga kelurahan tersebut, yakni, di Kelurahan Mantuil ada sebanyak 29 TPS dengan DPT berjumlah 9.887 pemilih, Kelurahan Murung Raya ada sebanyak 23 TPS dengan DPT berjumlah 8.565 pemilih dan Kelurahan Basirih Selatan ada sebanyak 28 TPS dengan DPT berjumlah sebanyak 10.604 pemilih.

PSU Pilkada Kota Banjarmasin tahun 2020 ini tarung ulang empat pasangan calon, yakni, paslon nomor urut 1, H Haris Makkie dan Ilham Noor, nomor urut 2, H Ibnu Sina dan H Arifin Noor, nomor urut 3, H Khairul Saleh dan Habib Muhammad Ali Alhabsy dan nomor urut 4, Hj Ananda dan H Mushaffa Zakir.

Baca juga: MK diharapkan berikan putusan seadil-adilnya di Pilkada Kota Banjarmasin

Baca juga: Pilkada Kalsel berlanjut ke MK


Pewarta :
Editor : Rachmat Hidayat
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar