Gubernur Kalteng: Angkutan 'over' kapasitas sebabkan jalan rusak, penertiban perlu dimaksimalkan

id Gubernur kalteng, sugianto sabran, kendaraan over kapasitas rusak jalan kalteng, jalan kalteng rusak, palangka raya, jalan penghubung, odol

Gubernur Kalteng: Angkutan 'over' kapasitas sebabkan jalan rusak, penertiban perlu dimaksimalkan

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran beserta jajaran meninjau kegiatan peningkatan infrastruktur di provinsi setempat beberapa waktu lalu. (ANTARA/HO-MMC Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran mengatakan, salah satu penyebab utama rusaknya sejumlah ruas jalan penghubung di wilayah provinsi dikarenakan masih adanya angkutan 'over' kapasitas yang melintas.

"Angkutan-angkutan yang melebihi kapasitas maupun yang melebihi kemampuan ruas jalan menerima volume lalu lintas, diduga menjadi penyebab utama rusaknya sejumlah ruas jalan," tegasnya di Palangka Raya, Minggu.

Untuk itu diperlukan langkah tegas oleh seluruh pemangku kepentingan terlebih para bupati dan wali kota selaku kepala daerah di wilayah masing-masing sehingga dapat dilakukan penertiban secara maksimal terhadap angkutan-angkutan yang 'over' kapasitas ini.

Sugianto menjelaskan, apabila dibiarkan dan masih adanya angkutan seperti ini melintas, maka akan semakin banyak ruas jalan di Kalteng yang mengalami kerusakan.

Untuk itu diperlukan komitmen dan keseriusan semua pihak untuk mencegah ini, sehingga dapat menekan potensi ruas jalan yang mengalami kerusakan.

"Jalan juga merupakan aset yang harus kita jaga dan pelihara bersama, masih banyak wilayah yang membutuhkan pembangunan jalan. Jadi semakin kita bisa menjaga agar jalan tidak rusak, maka anggaran juga dapat kita fokuskan untuk konektivitas pembangunan jalan," jelasnya.

Lebih lanjut Sugianto juga meminta agar pemerintah kabupaten dan kota serta pemangku kepentingan lainnya, dapat menjadikan hal ini sebagai salah satu fokus, yakni mencegah kendaraan 'over' kapasitas melintas di berbagai ruas jalan di Kalteng.

Keinginan Gubernur Kalteng ini juga selaras dengan upaya pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan RI yang ingin mewujudkan Indonesia bebas kendaraan 'over dimensi' dan 'over loading' (ODOL).

Dalam beberapa waktu terakhir, Pemprov Kalteng melalui Dishub Kalteng juga telah mensosialisasikan tentang ODOL di wilayah setempat.

Hal itu sebagai upaya menyukseskan dan mendukung program Kementerian Perhubungan agar pada 2023 mendatang di seluruh wilayah Indonesia tidak ada lagi pelanggaran ODOL.

Selain itu diketahui bersama, Pemprov Kalteng selama ini terus berupaya secara maksimal melakukan berbagai peningkatan maupun perbaikan ruas jalan penghubung di berbagai wilayah, sehingga memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam rangka meningkatkan aktivitas perekonomian dan lainnya.