Legislator Kotim ajak masyarakat prioritaskan produk lokal

id Legislator Kotim ajak masyarakat prioritaskan produk lokal, kalteng, DPRD kotim, juliansyah, Sampit, kotim, kotawaringin Timur

Legislator Kotim ajak masyarakat prioritaskan produk lokal

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Juliansyah. ANTARA/HO-DPRD Kotim

Sampit (ANTARA) - Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah Juliansyah mengajak segenap elemen pemerintahan dan masyarakat memprioritaskan penggunaan produk lokal untuk membantu menggerakkan ekonomi kerakyatan. 

"Dengan kita membeli produk lokal, kita telah membantu masyarakat kita meningkatkan ekonomi. Ini peluang kita membantu sesama warga kita. Kalau masih ada produk lokal, lebih baik kita prioritaskan membeli produk lokal," kata Juliansyah di Sampit, Kamis. 

Saat ini pelaku usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) di Kotawaringin Timur berupaya bangkit di tengah melambatnya perekonomian imbas pandemi COVID-19 yang sudah melanda sejak Maret 2020 lalu hingga saat ini. 

Banyak produk yang dihasilkan pelaku UMKM lokal, seperti hasil pertanian dan perikanan, kuliner, kerajinan tangan, perabot rumah dan lainnya. Kualitasnya juga tidak kalah bagus dengan barang serupa yang didatangkan dari luar daerah. 

Jika produk lokal banyak terserap pasar berkat kepedulian elemen pemerintah, swasta dan masyarakat dalam memprioritaskan membeli produk lokal maka dampaknya akan sangat besar terhadap perkembangan UMKM. Artinya, otomatis juga akan berdampak positif terhadap pendapatan dan kesejahteraan masyarakat, khususnya pelaku UMKM dan profesi-profesi berkaitan. 

Salah satu contohnya adalah hasil panen petani lokal berupa padi yang kemudian dijadikan beras. Sangat diharapkan kepedulian masyarakat untuk membelinya sehingga penghasilan petani dan profesi lainnya yang berkaitan akan meningkat. 

Baca juga: Perkebunan di Kotim diimbau disiplin terapkan protokol kesehatan cegah meluasnya COVID-19

Juliansyah yang juga menjabat Sekretaris Fraksi Gerindra serta Sekretaris DPC Partai Gerindra Kotawaringin Timur mengapresiasi kebijakan yang pernah dijalankan pemerintah kabupaten yaitu menyarankan pegawai pemerintah memberi beras lokal. 

Kebijakan positif ini perlu dilanjutkan karena akan membantu petani. Jika ribuan pegawai di daerah ini rutin membeli beras hasil panen petani lokal maka dampaknya sangat besar terhadap serapan pasar beras lokal sehingga mampu meningkatkan pendapatan petani. 

Begitu pula dalam hal kuliner dan perabot kantor, sangat terbuka peluang untuk memanfaatkan hasil produksi lokal. Kepedulian seperti ini diyakini akan mampu menumbuhkan sektor UMKM karena pangsa pasar semakin terbuka. 

"Kalau bukan kita yang membantu sektor UMKM di daerah kita, lalu siapa lagi? Kita mulai dari hal-hal kecil dan rutinitas kita karena banyak yang bisa upayakan untuk membantu membangkitkan ekonomi kerakyatan di daerah kita ini," demikian Juliansyah. 

Baca juga: Legislator Kotim prihatin masih banyak desa minim infrastruktur
Baca juga: DPRD Kotim ingatkan jangan sampai terjadi kelangkaan minyak goreng

Baca juga: Perlu dukungan pelaku usaha untuk meningkatkan SDM di Kotim