Pemkab Barsel aktifkan kembali car free day di Jalan Tugu Buntok

id Kepala Dinas Perhubungan Barito Selatan, Daud Danda, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Barito Selatan, Barsel, Kalteng

Pemkab Barsel aktifkan kembali car free day di Jalan Tugu Buntok

Kepala Dinas Perhubungan Barito Selatan, Daud Danda saat diwawancarai, di Buntok, Selasa (14/6). ANTARA/Bayu Ilmiawan.

Buntok, Kalteng (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, akan mengaktifkan kembali kegiatan hari bebas kendaraan bermotor atau car free day di Jalan Tugu Buntok.

"Pengaktifkan kembali car free day ini sesuai arahan dari Penjabat Bupati," kata Kepala Dinas Perhubungan Barito Selatan, Daud Danda, di Buntok, Selasa.

Dalam mengaktifkan itu, Pemkab Barsel pun telah melaksanakan rapat bersama kepolisian, Dinas Perumahan, Pemukiman, dan Pertanahan (Perkimtan) dan Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) dan instansi terkait lainnya.

Daud mengatakan hasil rapat itu, kegiatan car free day yang lokasinya merupakan jalan kewenangan provinsi tersebut akan dilaksanakan kembali setiap hari minggu dan akan dimulai pada pekan depan.

"Sedangkan waktu pelaksanaannya dari pukul 05.00 WIB sampai 09.00 WIB," ucap Daud.

Terkait hal itu, pihaknya juga telah mendapatkan izin penggunaan jalan Tugu dari depan Gereja Imanuel sampai dengan Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai lokasi car free day itu dari pemerintah provinsi.

Menurut Daud, berdasarkan hasil rapat yang telah dilaksanakan, semua pihak mendukung terlaksananya car free day yang sempat terhenti selama kurang lebih dua tahun akibat pandemi Corona Virus Disease-19 (COVID-19) tersebut.

Baca juga: Pemkab Bartim tetap gandeng Kodim 1012 Buntok membangun jalan

Diaktifkannya car free day ini dalam upaya mengurangi polusi dan memberikan tempat kepada masyarakat untuk berolahraga, baik jalan santai, bersepeda, senam maupun lainnya.

Selain itu juga dalam upaya membangkitkan kembali perekonomian terutama bagi para Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di kabupaten yang berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini.

"Kami berharap kepada masyarakat yang ada di daerah ini dapat memanfaatkan lokasi car free day di Jalan Tugu Buntok tersebut," demikian Daud.

Baca juga: Pengangkut CPO tak tertib di jalan raya, Dishub Barsel diminta surati PBS

Baca juga: Pemkab Barsel berkomitmen terus promosikan produk IKM dan UKM