Polres dan PWI Barut ikuti seminar Literasi Cerdas dan Aman Media Digital

id polres barut,pwi,pemilu 2024,barito utara,kalteng,seminar literasi cerdas polda kalteng

Polres dan PWI Barut ikuti seminar Literasi Cerdas dan Aman Media Digital

Waka Polres Barito Utara Kompol Roni Wijaya didampingi Humas Polres Barito Utara dan sejumlah awak media yang tergabung di PWI Barito Utara secara hybrid mengikuti seminar dan diskusi terkait "Literasi Cerdas dan Aman pada Media Digital di Kalteng", di aula Anggrawina Jagratara Polres setempat, Muara Teweh, Selasa (27/9/2022).ANTARA/Dokumen Pribadi

Muara Teweh (ANTARA) - Kepolisian Resor Barito Utara dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) setempat mengikuti kegiatan seminar dan diskusi terkait "Literasi Cerdas dan Aman pada Media Digital di Provinsi Kalimantan Tengah".

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Polda Kalteng dalam menangkal pemberitaan hoaks menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum 2024 secara hybrid dari Aula Arya Dharma Polres Barito Utara di Muara Teweh, Selasa.

Kapolres Barito Utara AKBP Gede Pasek Muliadyana melalui Waka Polres Kompol Roni Wijaya mengatakan kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Surat Telegram Kapolda Kalteng Nomor : ST 239/IX/HUM.5./2022, tanggal 23 September 2022 tentang seminar dan diskusi Literasi Cerdas dan Aman pada Media Digital di Kalteng. 

Untuk Polres Barito Utara dihadiri Waka Polres Kompol Roni Wijaya, Humas Polres Barito Utara, Ketua PWI Barito Utara dan anggota.  

Dalam kegiatan seminar tersebut, Polda Kalteng Bagian Bidang Hubungan Masyarakat (Humas), mengundang pemateri dan narasumber dari Jakarta, Kemenkominfo Bonifasius Wahyu  Pujianto, Konsultan Keamanan Dede Farhan Aulawi, Direktur Pemberitaan Liputan 6 Muhammad Nur Budianto dan dari Dewan Pers Bidang Jurnalistik, peran media menangkal Hoaks dan sanksi media Yandi Hendriana.

Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Pol K. Eko Saputro, menyampaikan bahwa saat ini era digital sangat pesat dan membawa dampak luar biasa. 

"Kehadiran media sosial telah membawa dampak yang besar terlebih di saat masa pandemi COVID-19 yang pernah kita alami, cukup membantu hubungan antarsesama yang terbentang jarak dan keadaan," kata Eko Saputro.

"Belajar dari pengalaman yang ada menjelang Pilkada 2024, diharapkan seminar dan diskusi ini dapat menangkal pemberitaan Hoaks di tengah masyarakat Kalteng khususnya, mari kita jaga Persatuan dan Kesatuan," papar Kabid Humas Polda Kalteng.

Baca juga: Wabup Barito Utara serahkan bantuan keuangan partai politik

Kapolda Kalteng Irjen Pol Nanang Avianto mengatakan perkembangan zaman sekarang ini tidak bisa dihindari sebagai kita berbangsa dan bernegara. Kemajuan teknologi sekarang ini merupakan tuntutan zaman yang semakin hari semakin pesat, apa lagi di era digital sekarang ini.

"Kemajuan teknologi sekarang ini merupakan tuntutan zaman, dan khususnya media online yang saat ini merupakan mempunyai peranan penting dalam era digital," kata Kapolda Kalteng.

Pada kesempatan itu Kapolda Kalteng Irjen Pol Drs Nanang Avianto menitipkan pesan kepada masyarakat khususnya kepada media online, agar benar-benar menjalankan fungsinya sebagai media yang memberikan informasi kepada masyarakat umumnya dan bagaimana bisa membuat masyarakat bisa lebih paham dan memberikan pengetahuan dan wawasan yang baik.

"Peranan pers dalam era digital sekarang ini diperlukan dalam penyajian pemberitaan yang diperlukan masyarakat umumnya, tentunya harapan saya bisa membuat masyarakat kita lebih baik," ucap Nanang Avianto.

Baca juga: Bupati Barito Utara paparkan rencana tata ruang Kota Muara Teweh

Baca juga: Pemkab Barut tingkatkan penanggulangan KLB keracunan pangan