KPU Kalteng mulai sosialisasikan Pemilu kepada pemilih pemula

id KPU Kalteng mulai sosialisasikan Pemilu kepada pemilih pemula, kalteng, Palangka Raya. Kpu kalteng

KPU Kalteng mulai sosialisasikan Pemilu kepada pemilih pemula

Komisioner KPU Provinsi Kalimantan Tengah Eko Wahyu Sulistyobudi. ANTARA/Rendhik Andika

Palangka Raya (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Tengah mulai menyosialisasikan pelaksanaan dan tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 kepada pemilih pemula.

"Edukasi ini untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman pemilih pemula tentang tahapan serta hak dan kewajiban pada Pemilu 2024," kata Komisioner KPU Provinsi Kalimantan Tengah Eko Wahyu Sulistyobudi di Palangka Raya, Kamis.

Sampai akhir Agustus 2022 KPU Kalteng menetapkan Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) di provinsi setempat sebanyak 1.172.689 orang yang mana 8.301 merupakan pemilih pemula.

Selanjutnya, Anggota KPU Kalteng Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia ini mengatakan, salah satu cara edukasi terhadap pemilih pemula tersebut dengan pelaksanaan sosialisasi.

"Salah satunya dengan menyasar mahasiswa baru di Universitas Palangka Raya (UPR). Acara itu diikuti sekitar 140 orang. Dilaksanakan melalui 'webinar'. Digagas oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) jurusan Ilmu Pemerintahan UPR, yang tengah magang di KPU Kalteng," kata Eko.

Baca juga: Pemprov Kalteng berikan bantuan 120 ribu benih udang kepada pokdakan

Dia mengatakan, para pemilih pemula harus terus diberikan pemahaman terkait pentingnya berpartisipasi aktif pada seluruh tahapan Pemilu hingga penetapan pemenang pada kontes pesta demokrasi serentak.

Menurut dia, pemilih pemula belum banyak mengetahui terkait Pemilu sehingga perlu diberikan pemahaman. Dengan meningkatnya pemahaman terkait pemilihan umum, pihaknya berharap para pemilih pemula berpartisipasi menggunakan hak pilih saat pemungutan suara nanti.

"Salah satu poin penting yang harus diketahui pemilih pemula adalah, Pemilu yang akan dilaksanakan sangat penting untuk menentukan nasib arah kebijakan pembangunan daerah, dan negara dalam lima tahun ke depan," kata Eko.

Selanjutnya, materi yang disampaikan kepada mahasiswa baru itu terkait pelaksanaan tahapan Pemilu Serentak 2024 dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

"Bahwa pada 14 Februari 2024 dilaksanakan Pemungutan Suara yang memilih Presiden dan Wakil Presiden, DPD RI, DPR RI dan DPRD Provinsi serta DPRD kabupaten/kota. Kemudian pada 27 November 2024 dilaksanakan pemungutan suara untuk gubernur dan wakil gubernur, wali kota dan wakil wali kota serta bupati dan wakil bupati," demikian Eko.

Baca juga: Pemprov dukung keberadaan APAVMI di Kalteng

Baca juga: Percepat penurunan stunting, TP PKK Kalteng berikan bantuan makanan tambahan

Baca juga: Pemprov Kalteng bersinergi bersama Pemkab Seruyan optimalkan pengendalian inflasi