Wabup Gumas berharap Bunda Literasi kecamatan tingkatkan pembinaan

id Wabup Gumas berharap Bunda Literasi kecamatan tingkatkan pembinaan, kalteng, gumas, gunung mas

Wabup Gumas berharap Bunda Literasi kecamatan tingkatkan pembinaan

Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia LP Umbing, Kepala DPK Edwin Yustian, Bunda Literasi Gunung Mas Mimie Mariatie, berfoto bersama para camat dan bunda literasi kecamatan, usai pengukuhan di Kuala Kurun, Kamis (1/12/2022). ANTARA/Chandra

Kuala KurunĀ  (ANTARA) - Wakil Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Efrensia LP Umbing berharap Bunda Literasi di tingkat kecamatan meningkatkan pembinaan budaya membaca bagi masyarakat desa dan kelurahan di wilayah masing-masing. 

“Saya harap mereka bisa memotivasi dan memfasilitasi kegiatan di kecamatan masing-masing, termasuk membina desa/kelurahan di wilayah masing-masing,” ucapnya usai menghadiri pengukuhan Bunda Literasi Kecamatan se-Gunung Mas di Kuala Kurun, Kamis.

Perempuan pertama yang menjadi Wabup Gunung Mas ini berharap bunda literasi kecamatan bisa mendorong desa/kelurahan, untuk menyiapkan perpustakaan masing-masing, dengan segala kelengkapan yang diperlukan.

Untuk kelengkapan perpustakaan yang diperlukan, sambung dia, desa/kelurahan bisa mengajukan ke Perpustakaan Nasional. Nantinya Pemerintah Kabupaten Gunung Mas melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) siap mendukung.

Diapun berharap budaya membaca tertanam dan berkembang di masyarakat, khususnya anak-anak. Dengan membaca buku, dia yakin anak-anak akan memperoleh berbagai ilmu dan pengetahuan, yang akan mencerdaskan mereka.

Baca juga: KPU Gumas perpanjang masa pendaftaran PPK di lima kecamatan

Sementara itu, Kepala DPK Gunung Mas, Edwin Yustian mendorong seluruh camat di kabupaten setempat, agar menyiapkan satu ruangan khusus di kantor kecamatan, untuk menjadi perpustakaan kecamatan.

“Tahun 2023 kita dorong camat membentuk perpustakaan di kantor kecamatan. Nanti kita bantu membuat proposal, kita sama-sama berjuang, mengajukan permohonan bantuan ke Perpusnas atau ke investor,” paparnya.

Begitu juga dengan desa/kelurahan di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau", yang belum memiliki perpustakaan, diminta agar menyiapkan satu ruangan khusus untuk dijadikan sebagai perpustakaan.

Pengukuhan bunda literasi tingkat kecamatan dilakukan langsung oleh Bunda Literasi Gunung Mas, Mimie Mariatie Jaya S Monong. Mereka yang dikukuhkan adalah para istri camat se-Gunung Mas.

“Setelah ini rencananya juga akan dikukuhkan bunda literasi tingkat desa/kelurahan. Saya harap mereka bisa menjadi motivator bagi anak-anak dan masyarakat untuk gemar membaca, dan meningkatkan minat anak-anak dan masyarakat untuk berkunjung ke perpustakaan di wilayah masing-masing,” demikian Mimie.

Baca juga: Wabup Gumas minta RAN bantu cegah penyalahgunaan narkoba

Baca juga: Bupati minta pengurus PKK Gumas komitmen laksanakan program kerja

Baca juga: Pemkab Gumas salurkan subsidi pakan bagi pembudi daya ikan