Ketua LPTQ: MTQ tingkat Kapuas digelar Juni 2023

id Ketua LPTQ Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah,KH Muchtar Ruslan, LPTQ kapuas, mtq kapuas 2023, Kabupaten Kapuas, mtq, kalteng

Ketua LPTQ: MTQ tingkat Kapuas digelar Juni 2023

Pengurus LPTQ dan panitia pelaksana yang ditunjuk, saat menggelar rapat persiapan MTQ ke 46 Tingkat Kabupaten Kapuas, di Aula Kantor Kemenag Kapuas, Kamis (9/2/2023). ANTARA/HO-Diskominfo Kapuas.

Kuala Kapuas (ANTARA) - Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah,KH Muchtar Ruslan menyatakan bahwa Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-46 tingkat kabupaten, rencananya akan digelar pada minggu ketiga bulan Juni 2023 mendatang, di Kota Kuala Kapuas.

"Tepatnya kegiatan nanti di area Islamic Center Kota Kuala Kapuas," kata Muchtar di Kuala Kapuas, Kamis (9/2).

Hal itu disampaikannya, usai memimpin rapat persiapan pergelaran MTQ ke 46 Tingkat Kabupaten Kapuas, bersama dengan pengurus LPTQ dan panitia pelaksana yang ditunjuk, di Aula Kantor Kementerian Agama (Kemenag) kabupaten setempat, jalan Tambun Bungai Kota Kuala Kapuas.

Dia menerangkan, bahwa pembahasan persiapan-persiapan yang akan dijalankan oleh panitia pelaksana yang diketuai oleh Suwarno Muriyat itu sudah mulai dilakukan, salah satunya adalah penetapan waktu kegiatan dan lokasi kegiatan.

"MTQ ke 46 tingkat Kabupaten Kapuas pelaksanaannya masih ditangani dari pengurus LPTQ kabupaten, dan telah disepakati dilaksanakan di Kota Kuala Kapuas, dan syukurnya kegiatan tahun ini sudah bisa dilakukan secara terbuka untuk umum tidak terbatas dan tertutup lagi," katanya.

Baca juga: Bupati Kapuas minta ASN tingkatkan pelayanan kepada masyarakat

Untuk lokasi, sambungnya, area skemanya sama dengan pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten sebelumnya, yaitu menggunakan ruangan sekolah MIN, MTsN, MAN dan Auditorium STAI Kuala Kapuas.

"Karena lokasi yang digunakan adalah sekolahan, oleh karena itu jadwal pelaksanaan mengikuti jadwal libur sekolah. Selain itu, waktu libur juga dipertimbangkan agar para peserta MTQ nantinya lebih konsen dalam mengikuti kegiatan," jelasnya.

Ditambahkannya, untuk MTQ pada tahun ini, terdapat penambahan cabang baru yang akan dimasukkan dalam agenda, yaitu cabang hafalan hadist. Oleh karena itu, dirinya akan terus berkoordinasi dengan LPTQ tingkat kecamatan dalam mensosialisasikannya. 

"Kita harapkan pelaksanaan MTQ ke 46 di Kota Kuala Kapuas, dapat berjalan lancar dan sukses sesuai dengan harapan bersama," demikian Muchtar.

Baca juga: Disnaker Kapuas buka pelatihan berbasis kompetensi

Baca juga: Sekda ungkap dampak positif food estate bagi Kapuas ke Wakapolda Kalteng