DPRD Kapuas: Penanganan banjir di dapil III jadi perhatian dalam musrenbangcam

id Dprd kapuas, didi hartoyo, dapil III kapuas, banjir kapuas, kuala kapuas, kapuas

DPRD Kapuas: Penanganan banjir di dapil III jadi perhatian dalam musrenbangcam

Anggota DPRD Kabupaten Kapuas, Didi Hartoyo. (ANTARA/All Ikhwan)

Kuala Kapuas (ANTARA) - Penanganan banjir menjadi salah satu usulan prioritas warga dalam Musyawarah Rencananya Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Kapuas Tengah, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah.

"Tidak hanya di Kecamatan Kapuas Tengah, bahkan hampir di semua wilayah kecamatan di daerah pemilihan (dapil) tiga, usulan penanganan banjir menjadi perhatian," kata Anggota DPRD Kapuas, Didi Hartoyo di Kuala Kapuas, Jumat.

Hal itu disampaikan politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini, setelah mengikuti musrenbang di beberapa kecamatan di wilayah dapil III yang meliputi Timpah, Kapuas Tengah, Kapuas Hulu, Mandau Talawang dan Pasak Talawang.

Anggota Komisi I DPRD kabupaten setempat ini mengatakan, dalam musrenbang di dapil III tersebut, kurang lebih ada sebanyak 200 usulan masyarakat dari desa ke kecamatan, meliputi bidang pendidikan, kesehatan, hingga berkaitan jalan dan jembatan.

Kemudian, lanjutnya, jaringan listrik ke daerah yang masih belum terjangkau, terutama jalur Sei Kuatan. Termasuk juga program pencegahan karena banjir yang setiap tahun sering terjadi di wilayah dapil tiga, khususnya warga yang berada dekat dengan bantaran sungai.

Baca juga: Polisi tangkap seorang IRT pengedar sabu di Kapuas

Penanganan banjir, sambungnya, perlu menjadi perhatian baik oleh pemerintah kabupaten maupun provinsi. Bukan hanya memberikan bantuan saja, namun harus dicarikan solusi ataupun penanganan jangka panjang, sehingga banjir dapat tertangani dengan tepat.

Dia mengharapkan agar yang menjadi daftar usulan kegiatan musrenbang dapat dijadikan bahan dalam penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD).

"Kita harapkan program prioritas dalam usulan musrenbang di dapil III dapat diakomodir dan ditindaklanjuti pemerintah daerah melalui OPD terkait, demi mewujudkan harapan masyarakat kita," demikian Didi Hartoyo.


Baca juga: Wabup apresiasi Rutan Kapuas gelar peringatan Isra Mi'raj