Kondisi bangunan SDN 5 Selat Hilir Kapuas memprihatinkan

id Kondisi bangunan SDN 5 Selat Hilir Kapuasmemprihatinkan, kalteng, kapuas, sekolah rusak

Kondisi bangunan SDN 5 Selat Hilir Kapuas memprihatinkan

Kondisi bangunan SDN 5 Selat Hilir, Kabupaten Kapuas, mengalami kerusakan di sejumlah ruangan, Sabtu (15/4/2023). ANTARA/All Ikhwan

Kuala Kapuas (ANTARA) - Kondisi bangunan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 5 Selat Hilir, Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, saat ini cukup memprihatinkan.

"Plafon beberapa ruang kelas rusak karena atap bocor. Kemudian dinding retak-retak," kata Kepala SDN 5 Selat Hilir, Andeyani, kepada wartawan di Kuala Kapuas, Minggu.

Andeyani mengaku sedih dengan kondisi itu. Bahkan yang lebih mirisnya lagi saat hari hujan air masuk membasahi sejumlah ruang kelas sehingga membuat kegiatan belajar terganggu.

"Bahkan ada beberapa kejadian anak-anak tertimpa serpihan plafon yang rusak itu," ujarnya.

Menurutnya, bangunan sekolah yang mengalami kerusakan ini, sangat perlu mendapatkan banyak perbaikan dan perhatian, mengingat kondisi sangat memprihatinkan.

Terkait hal itu, pihaknya pun sudah beberapa kali menyampaikan usulan perbaikan ke Dinas Pendidikan kabupaten setempat, namun belum ada tindak lanjut.

Baca juga: Legislator Kapuas minta kerusakan jembatan Desa Bina Karya segera ditangani

"Ke Dinas Pendidikan sudah saya usulkan tapi sampai sekarang sepertinya belum ada tindak lanjut. Padahal sekolah kami berada di tengah kota," katanya.

Untuk itu, Andeyani pun berharap adanya perhatian dari pemerintah daerah setempat, melalui Dinas Pendidikan Kapuas, untuk dapat melakukan perbaikan terhadap bangunan sekolah dasar yang dipimpinnya tersebut.

"Semoga pemerintah daerah bisa memperhatikan, membantu kami terutama anak didik kami yang saat ini membutuhkan ruangan yang nyaman untuk belajar," harapnya,

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas, Aswan mengatakan, terkait kondisi bangunan SDN 5 Selat Hilir tersebut, bahwa pihaknya sudah melihat secara langsung kondisi bangunan sekolah tersebut.

Pihaknya juga sudah memberitahukan bahwa sekolah tersebut pada tahun ini akan segera dilakukan penanganan perbaikan.

"Tahun ini masuk rehab, sudah saya info ke kepala sekolahnya, saat kami kunjungan kegiatan Pendidikan Penguatan Karakter (Pesantren Ramadhan)  di SDN 5 Selat Hilir, beberapa waktu yang lalu," demikian Aswan.

Baca juga: Jembatan titian kayu di Kapuas rusak akibat diterjang air pasang

Baca juga: Legislator Kapuas ingatkan kades jangan 'tebang pilih' pembagian BLT

Baca juga: Dinas Perhubungan periksa kelayakan kapal feri di Kapuas, berikut hasilnya