Pawai takbiran Idul Fitri di Sampit disambut antusias

id Pawai takbiran Idul Fitri di Sampit disambut antusias, kalteng, Sampit, kotim, Lebaran, Idul fitri, Kotawaringin Timur

Pawai takbiran Idul Fitri di Sampit disambut antusias

Salah satu mobil hias peserta pawai takbiran Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah di Sampit, Jumat (21/4/2023) malam. ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Pawai takbiran menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriah di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah disambut antusias masyarakat yang mengikuti maupun menonton pawai tersebut. 

"Tahun ini pesertanya lebih banyak dan lebih meriah dibanding tahun lalu. Ini juga karena tidak ada lagi kasus COVID-19 sehingga kita bisa melaksanakan kegiatan seperti ini. Saya berharap tahun depan bisa lebih meriah lagi," kata Bupati Halikinnor di Sampit, Jumat malam. 

Pawai takbiran diberangkatkan dari depan rumah jabatan bupati di Jalan Achmad Yani. Ribuan warga memadati sepanjang jalan yang dilewati iring-iringan pawai yang melintasi jalan-jalan di Kota Sampit yang meliputi Kecamatan Mentawa Baru Ketapang dan Baamang. 

Berdasarkan data panitia, tercatat 99 peserta yang mengikuti pawai takbiran ini. Mereka menggunakan mobil yang dihias berbagai tema serta dilengkapi pengeras suara menggemakan takbir. 

Berbagai ornamen Islami ditampilkan mobil hias peserta, seperti bentuk masjid, bulan bintang, beduk dan lainnya. Ada pula yang menampilkan maskot ikan jelawat yang merupakan ikon Kotawaringin Timur. 

Halikinnor menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh peserta yang memeriahkan pawai takbiran. Dia juga mengapresiasi kasih panitia yang bersusah payah dalam menyelenggarakan kegiatan tahunan tersebut. 

Baca juga: Jumlah pemudik melalui Pelabuhan Sampit meningkat 18 persen

Menurutnya, pawai takbiran ini merupakan salah satu ungkapan suka cita merayakan kemenangan setelah melalui ujian kesabaran dalam menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh di bulan suci Ramadhan. 

Kegiatan ini juga merupakan bagian dari syiar Islam. Dia berharap pawai takbiran ini bisa dilaksanakan secara rutin dan semakin meriah dengan keterlibatan masyarakat. 

"Satu bulan penuh kesabaran dan keikhlasan kita diuji selama beribadah puasa di bulan Ramadhan. Kini kita merayakan hari kemenangan dan fitrah semoga menjadi lebih baik," harap Halikinnor. 

Dalam kesempatan ini Halikinnor juga mengumumkan bahwa pemerintah daerah akan menggelar acara Kotim Bershalawat. Kegiatan yang akan digelar di objek wisata Terowongan Nur Mentaya pada Minggu (30/4) malam itu akan menghadirkan musisi religi yaitu ustaz Opick. 

"Saya mengajak masyarakat untuk hadir mengikuti acara ini. Kita bershalawat bersama-sama. Semoga Kabupaten Kotawaringin Timur selalu tenang, sejuk, aman dan tertib," demikian Halikinnor. 

Baca juga: Legislator Kotim: Objek wisata jangan membahayakan keselamatan pengunjung

Baca juga: Puncak arus mudik di Pelabuhan Sampit berangkatkan 1.995 penumpang

Baca juga: Legislator Kotim imbau pemudik selalu berhati-hati