Pemkab Kobar rencanakan program kampung pemuda

id Kobar rencanakan program kampung pemuda, kalteng, kobar, Kotawaringin Barat

Pemkab Kobar rencanakan program kampung pemuda

Kepala Bidang Kepemudaan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kobar, Philipus Trinwan Doktrino, Kamis (27/4/2023) ANTARA/M Husein Asy'ari

Pangkalan BunĀ  (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) akan menjalankan program Kampung Pemuda untuk memberikan wadah inspiratif, dan dorongan motivasi untuk kaum milenial. 

"Program kampung pemuda ini merupakan perkumpulan anak-anak muda berbakat dan berprestasi di bidangnya masing-masing nantinya," kata Kepala Bidang Kepemudaan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kobar, Philipus Trinwan Doktrino di Pangkalan Bun, Kamis. 

Dijelaskannya, untuk menjalankan program tersebut, Dispora sudah mengusulkan program kampung pemuda kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

"Kita buat kampung pemuda ini agar di program ini para pemuda Kobar dapat berkreasi semua, dan bisa mendalami keahliannya masing-masing," ucapnya. 

Selain itu, dikatakannya, bahwa manfaat dari program kampung pemuda ini ke depannya bisa menjadi salah satu cara untuk lebih memperkenalkan keistimewaan kampungnya atau daerahnya sendiri ke tingkat nasional bahkan internasional. 

Baca juga: Pemkab Kobar berupaya maksimal beri pelayanan prima kepada masyarakat

"Dengan adanya program kampung pemuda ini, dapat bermanfaat bagi masyarakat, dari keahlian dan kemampuan yang dimiliki para pemuda prestasi bisa membimbing dan mengarahkan masyarakat ke hal yang positif dan bermanfaat bagi wilayahnya," kata Trinwan. 

Selain itu, ia berharap dengan adanya program kampung pemuda tersebut para pemuda  bisa membimbing serta mengarahkan masyarakat untuk dapat meningkatkan pemanfaatan potensi sumber daya alam yang ada. 

"Dengan adanya peningkatan potensi SDA tiap desa tersebut, maka nantinya pemerintah daerah tentu akan menindak lanjuti dengan menyediakan kebutuhannya seperti sarana, fasilitas, alat dan lainnya," ungkapnya.

Tidak hanya itu, dengan program kampung pemuda ini dapat memberikan edukasi, bimbingan dan juga pelatihan, untuk meningkatkan bakat para anak muda berprestasi di Kobar.

Harapannya dengan adanya program ini potensi diri para pemuda tersebut dapat berkembang dan tersalurkan melalui kegiatan kepemudaan baik itu tingkat kabupaten ataupun nasional.

Baca juga: Arus balik mulai mengalir di Pelabuhan Kumai

Baca juga: PDIP Kobar instruksikan kader sosialisasikan Ganjar jadi Calon Presiden 2024

Baca juga: Sebanyak 5.613 pemudik berangkat melalui Terminal Natai Suka Pangkalan Bun