Wali Kota Palangka Raya minta Polri semakin profesional layani masyarakat

id Pemkot palangka raya, wali kota palangka raya, fairid naparin, hut bhayangkara 77, kepolisian, polisi, palangkaraya, polri

Wali Kota Palangka Raya minta Polri semakin profesional layani masyarakat

Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin (tengah) bersama jajaran pejabat kepolisian usai peringatan HUT ke-77 Bhayangkara, Sabtu (1/7/2023). (ANTARA/HO-Protokol Komunikasi Kota Palangka Raya)

Palangka Raya (ANTARA) - Wali Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Fairid Naparin meminta aparat kepolisian setempat semakin profesional dalam melaksanakan tugas dan fungsi sebagai Bhayangkara negara, pengayom atau pelindung dan pelayan masyarakat.

"Melalui momen HUT ke-77 Bhayangkara ini, kami meminta dan juga yakin aparat kepolisian semakin meningkatkan profesionalitas dalam melayani masyarakat," kata Fairid di Palangka Raya, Sabtu.

Kepala daerah termuda di Kalimantan Tengah ini meminta pihak kepolisian, khususnya di jajaran Polresta Palangka Raya selalu mengedepankan upaya humanis, promotif dan preventif.

Pria yang juga merupakan atlet balap road race ini juga mengapresiasi kinerja aparat kepolisian di Polresta Palangka Raya beserta seluruh jajaran dalam upaya mengayomi dan melayani masyarakat.

"Wujudnya Polisi semakin mengayomi dan menjadi sosok yang dekat dengan masyarakat. Keamanan dan kenyamanan serta ketertiban masyarakat juga terjaga," jelasnya.

Baca juga: Ketua DPRD Palangka Raya: Daerah tetap kondusif, bukti Polri bekerja dengan baik

Selain itu, dia juga berharap Polresta Palangka Raya mengedepankan "Presisi" atau prediktif, responsibilitas dan transparansi, yakni berkeadilan yang merupakan program yang diusung oleh kapolri.

Fairid juga berharap sinergi pemerintah kota dan Polresta serta pihak terkait yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pimpinan Daerah di kota setempat terjaga, sehingga mampu mewujudkan Palangka Raya damai rukun sejahtera.

Sementara itu, Kapolda Kalteng, Irjen Pol Nanang Avianto juga mengingatkan seluruh personel terus meningkatkan pelayanan dan profesionalisme kepada masyarakat dalam hal apa saja.

"Dalam peringatan Hari Bhayangkara ke-77 ini mengusung tema 'Polri Presisi Untuk Negeri Pemilu Damai menuju Indonesia Maju'," katanya.

Dia menuturkan, Polri bertugas sebagai pemelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), penegak hukum, memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

Oleh karena itu, Polri harus senantiasa menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab, serta tidak menyakiti hati masyarakat, karena masyarakat adalah mitra dalam menjaga keamanan dan ketertiban.

Nanang menuturkan, ke depan ada beberapa agenda nasional yang harus didukung dan diantisipasi dengan baik, salah satunya pesta demokrasi serentak pada 2024.


Baca juga: Kapolda Kalteng: Tingkatkan pelayanan dan profesionalisme Polri

Baca juga: RPH Palangka Raya potong 102 hewan kurban pada Idul Adha

Baca juga: 512 personel Polda Kalteng dan Polres jajaran naik pangkat