RS Bhayangkara gelar pelayanan kesehatan keliling di Palangka Raya

id layanan kesehatan palangka raya,kabut asap palangka raya,pelayanan kesehatan keliling

RS Bhayangkara gelar pelayanan kesehatan keliling di Palangka Raya

Tenaga medis dari RS Bhayangkara memeriksa kesehatan warga dalam pelayanan kesehatan keliling di Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Selasa (26/9/2023). (ANTARA/Humas Polda Kalteng)  

Palangka Raya (ANTARA) - Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Palangka Raya menggelar pelayanan kesehatan keliling guna memudahkan warga yang terdampak kabut asap kebakaran hutan dan lahan mendapatkan pelayanan kesehatan.

"Warga yang datang langsung kami periksa dan kasih obat. Rata-rata mengeluhkan batuk, sesak napas, dan sakit kepala. Yang terbanyak datang berobat orang dewasa, ada juga anak-anak," kata petugas RS Bhayangkara Palangka Raya Sri Rahayu di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Selasa.

Dia menyampaikan bahwa dalam kegiatan pelayanan kesehatan keliling, petugas kesehatan rumah sakit juga melakukan pemeriksaan kesehatan dan tumbuh kembang anak, memberikan pelayanan kontrasepsi, serta menyampaikan penyuluhan mengenai pemenuhan kebutuhan gizi dan pencegahan stunting.

"Ini merupakan bentuk perhatian dan kepedulian Polda Kalteng kepada masyarakat," katanya.

Baca juga: Peringati Hari Kontrasepsi Sedunia, BKKBN Kalteng laksanakan Pekan Pelayanan KB

Kebakaran hutan dan lahan membuat Kota Palangka Raya diselimuti kabut asap dari pagi sampai sore hari.

Guna menghindari dampak buruk kabut asap terhadap kesehatan, warga umumnya memakai masker saat beraktivitas di luar ruangan.

Pemerintah bersama pemangku kepentingan terkait dan masyarakat berupaya memadamkan kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di bagian wilayah Kota Palangka Raya.

Baca juga: Penjabat wali kota Palangka Raya ingatkan netralitas ASN pada pemilu 2024

Baca juga: Hadapi Pemilu 2024, KPU Palangka Raya siapkan posko pindah memilih

Baca juga: Pj Wali Kota Palangka Raya komit fokus tangani stunting