Pemkot Palangka Raya gelorakan semangat perjuangan pada pemuda

id Pemkot Palangka Raya gelorakan semangat perjuangan pada pemuda, kalteng, Palangka raya, ikrar pemuda

Pemkot Palangka Raya gelorakan semangat perjuangan pada pemuda

Pelepasan kontingen Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah pada peringatan HSP IKBAB di Kabupaten Kapuas, Kamis (26/10/2023). ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah terus berupaya menggelorakan semangat perjuangan kepada para pemuda di daerah setempat.

"Salah satu upaya membangkitkan dan terus menggelorakan semangat perjuangan itu melalui keikutsertaan pada peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) dan Ikrar Bersama Anak Bangsa (IKBAB) tingkat Provinsi Kalimantan Tengah," kata Penjabat Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu di Palangka Raya, Kamis.

Pernyataan itu diungkapkan Hera usai melepas kontingen Ikrar Bersama Anak Bangsa 2023 dengan jumlah anggota 50 orang yang akan mengikuti rangkaian peringatan Hari Sumpah Pemuda tingkat Provinsi Kalteng di Kabupaten Kapuas. 

Kegiatan yang akan diikuti nantinya di antaranya lomba baca puisi, lomba stand up, lomba yel-yel, dan penghijauan berupa penanaman pohon.

Hera mengatakan, semangat dan jiwa sumpah pemuda harus menjadi inspirasi untuk membangun kesadaran kolektif bangsa guna meningkatkan kualitas dan daya saing pemuda dan eksistensi pemuda dalam percaturan global.

Baca juga: BNN dan Pemkot canangkan tiga kelurahan di Palangka Raya Bebas Narkoba

"Melalui kegiatan selama tiga hari ini kami ingin generasi muda kita semakin kuat menghadapi perkembangan zaman dan teknologi serta perubahan global saat ini," kata Hera.

Dia pun berharap pemuda di Kota Palangka Raya, juga semakin terlibat dalam menyukseskan pembangunan daerah dan terus menerapkan nilai-nilai semangat patriotisme dan nasionalisme para pendahulu.

"Peserta yang berangkat agar menjaga kesehatan sehingga dapat mengikuti berbagai rangkaian kegiatan HSP IKBAB. Pada akhirnya semoga semakin memperkuat rasa nasionalisme yang akan bermuara pada peningkatan wawasan kebangsaan dan bela negara," katanya.

Hera mengatakan, pemuda memiliki tanggung jawab menjaga dan mencintai bangsa sepenuh hati. Maka momen peringatan hari sumpah pemuda harus dijadikan benteng pertahanan untuk menjaga keutuhan bangsa dan negara.

"Di tangan pemuda jugalah martabat dan harkat serta masa depan bangsa berada. Untuk pemuda harus cerdas baik secara emosional ataupun cerdas dalam sisi akademis," katanya.
 
Baca juga: KPU Kalteng ambil alih kewenangan penyelenggaraan pemilu di tiga daerah

Baca juga: Kualitas mutu pendidikan di Palangka Raya harus terus ditingkatkan

Baca juga: Masyarakat Palangka Raya sambut Pemilu 2024 jangan terlalu berlebihan