Warga bantaran sungai diingatkan waspadai ablasi

id DPRD Palangka Raya,Kalteng ,Palangka Raya,Ablasi ,Norhaini

Warga bantaran sungai diingatkan waspadai ablasi

Anggota DPRD kota Palangka Raya Norhaini. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Norhaini mengingatkan warga yang berada di bantaran Sungai Kahayan untuk mewaspadai terjadinya ablasi atau erosi tanah saat musim hujan seperti sekarang ini.

"Akibat air hujan yang tentunya bisa saja tanah yang di atasnya ada pemukiman warga di bibir sungai tersebut ablasi dari kering ke tanahnya menjadi basah," kata Norhaini di Palangka Raya, Kamis.

Ia menjelaskan, dengan meningkatkan kewaspadaan terkait hal tersebut tentunya warga tidak akan menjadi korban reruntuhan bangunan  rumahnya yang berpotensi roboh akibat ablasi tersebut.

Bahkan isi rumah juga harus dikurangi sehingga beban rumah tersebut tidak berat dan ambruk dengan cepat. Apabila sudah ada peringatan baik dari dinas terkait yang sering memantau terkait hal tersebut, masyarakat harus benar-benar mewaspadainya.

"Kami sangat yakin insya Allah apa yang kita khawatirkan itu tidak terjadi, namun tidak ada salahnya kita mewaspadai terkait hal itu," bebernya.

Di lain pihak, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPBD Kota Palangka Raya, Berlianto juga memperingatkan masyarakat yang tinggal di bantaran Sungai Kahayan agar lebih berhati-hati terhadap ablasi, terutama saat musim hujan tiba.

Ia memberitahukan, kondisi alam, curah hujan tinggi, debit air sungai hingga kerusakan penampang hutan di bagian hulu ikut menyebabkan terjadinya abrasi.

"Hal tersebut karena wilayah tersebut selain rawan banjir juga rawan ablasi," demikian Berlianto.