Wisatawan padati objek wisata di Palangka Raya manfaatkan libur tahun baru

id Wisatawan padati objek wisata di Palangka Raya manfaatkan libur tahun baru, kalteng, Palangka raya, pariwisata

Wisatawan padati objek wisata di Palangka Raya manfaatkan libur tahun baru

Warga berwisata sambut awal tahun baru di objek wisata di Palangka Raya. ANTARA/Rendhik Andika

Palangka Raya (ANTARA) - Wisatawan dari berbagai daerah di Provinsi Kalimantan Tengah memanfaatkan hari terakhir libur Tahun Baru 2024 memadati sejumlah objek wisata di Kota Palangka Raya.

Diyah warga Buntok, Kabupaten Barito Selatan (Barsel) di Palangka Raya, Senin mengatakan, dia bersama keluarganya sengaja merayakan tahun baru dan menikmati berbagai objek wisata di Palangka Raya.

"Khusus hari ini kami sekeluarga mengunjungi sejumlah wisata di wilayah dalam kota seperti kawasan Tugu Soekarno dan Wisata Air Hitam Kereng Bangkirai sebelum besok pulang untuk beraktivitas kembali," katanya di kawasan Tugu Soekarno Palangka Raya, Senin.

Dua lokasi itu dipilih dia bersama keluarganya karena terletak di dalam Kota Palangka Raya, sehingga tidak memerlukan waktu lama untuk menuju lokasi.

Dia mengaku telah berada di Kota Palangka Raya selama empat hari dan menginap di rumah sanak keluarga. Wanita dua anak ini pun mengaku kegiatan serupa juga dilaksanakan hampir setiap tahun.

"Paling dekat untuk berwisata ya di Palangka Raya yang sekaligus kami manfaatkan untuk kumpul-kumpul keluarga. Kami senang ternyata setahun tidak ke sini, objek wisatanya tambah bagus, rapi dan bersih," katanya.

Dia menambahkan, karena kondisi yang padat, dia terpaksa harus memarkir kendaraan cukup jauh dari pintu masuk. Bahkan saat akan keluar lokasi wisata, juga terjadi antrean kendaraan.

Warga lainnya, Wahyudi, warga Kota Palangka Raya mengatakan, keluarganya dari daerah juga datang untuk merayakan tahun baru sekaligus berwisata di Ibu Kota Provinsi Kalteng ini.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya sambut tahun baru dengan doa lintas agama

"Kebetulan saya masih kuliah, jadi tahun baru ini keluarga banyak yang datang. Selain untuk merayakan pergantian tahun, kedatangan keluarga juga untuk menengok saya," kata mahasiswa di salah satu universitas swasta di Palangka Raya ini.

Dia menambahkan, selama beberapa hari di Kota Palangka Raya, keluarganya juga telah diajak berwisata di sejumlah lokasi.

Sebelum tahun baru, dia bersama keluarganya telah ke wisata Bukit Tangkiling sekaligus juga ke Danau Tahai. Hari ini berlanjut ke Danau Air Hitam Kereng Bangkirai dan juga ke Jembatan Kahayan yang bersebelahan dengan Tugu Soekarno dan Taman Pasuk Kameloh.

"Untuk dalam kota, baik pagi maupun sore, lokasi relatif ramai. Namun untuk wilayah luar kota pengunjung mulai ramai menjelang siang sampai sore," katanya.

Berdasarkan pantauan, pada libur awal tahun baru 2024, sejumlah objek wisata di "Kota Cantik" dipadati wisatawan. Tak terkecuali pusat perbelanjaan modern di Kawasan Jalan Yos Sudarso seperti Megatop Trade Center (MTC) yang menjadi wisata alternatif bagi masyarakat.

Sebelumnya, menyambut libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Penjabat Wali Kota Palangka Raya juga telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor : S56.3/4725/DPKKO-Pur/X11/2023 tentang persiapan menyambut Hari Raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Penjabat Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu menerangkan, surat edaran tersebut memuat serangkaian poin penting yang ditujukan kepada pengelola dan pemilik usaha pariwisata, hiburan umum, restoran, rumah makan, warung makan, kedai makan dan minum, serta kafe guna menjaga suasana keamanan dan keteraturan di kota setempat selama perayaan Natal dan Tahun Baru.

Beberapa poin utama yang diungkap dalam surat edaran tersebut antara lain menjaga toleransi, kerukunan, dan ketertiban umum di lingkungan masing-masing.

Seluruh pihak juga diminta memastikan keamanan dan ketertiban di destinasi wisata serta tempat hiburan umum dan sejenisnya. Kemudian pengelola usaha pariwisata dan hiburan umum bertanggung jawab untuk mencegah penyalahgunaan narkoba dan obat-obatan terlarang serta melaporkan temuan tersebut kepada pihak berwajib.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya fungsikan Mal Pelayanan Publik di kelurahan pinggiran

Baca juga: Danrem 102/Pjg: Jangan ragukan netralitas TNI di Kalteng

Baca juga: Imigrasi Palangka Raya terbitkan 10.197 paspor selama 2023