Pj Bupati Katingan ajak masyarakat jaga konsusifitas Pemilu

id katingan,kasongan,pemilu,aman,kondusi

Pj Bupati Katingan ajak masyarakat jaga konsusifitas Pemilu

Pj Bupati Katingan, Saipul saat memantau TPS di Kasongan, kabupaten setempat, Rabu (14/2/2024) (ANTARA/Naslee)

Kasongan, (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Katingan, Kalimantan Tengah (Kalteng) Saiful mengajak masyarakat setempat untuk tetap menjaga suasana Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 tetap kondusif.

"Perbedaan pilihan antara satu dengan yang lainnya dalam hak pilih itu wajar. Tetapi perbedaan pilihan tersebut jangan sampai membuat kita ribut antara yang satu dengan yang lain," kata Saipul di Kasongan, Rabu.

Dia mengatakan pelaksanaan Pemilu serentak 2024 di Kabupaten Katingan secara umum berjalan kondusif dan lancar. Hal ini berkat  dukungan serta koordinasi yang baik antara Pemerintah, Forkompinda, TNI, Polri dan masyarakat.

Namun, lanjut dia, yang terpenting dari semua itu adalah sudah berangkat dari hati nurani sebagai masyarakat untuk menginginkan suasana yang rukun aman dan damai di Kabupaten Katingan.

"Karena dalam proses pemilihan ini kita akan memilih orang-orang yang akan menjadi Legislatif dan menjadi Presiden kita," kata Saipul.

Pada hari pemungutan suara, Pj Bupati Katingan bersama istrinya Sumiati, melaksanakan pencoblosan pemungutan suara di TPS 025 Kelurahan Kasongan Lama, Kecamatan Katingan Hilir, kabupaten setempat.

"Kami mengimbau kepada masyarakat agar menggunakan hak pilih yang telah diberikan. Jangan sampai disia-siakan, karena yang dilakukan kita ini untuk menentukan nasib dan masa depan bangsa dan negara Indonesia untuk lima tahun yang akan datang," katanya.

Selanjutnya, Pj Bupati ditemani rombongan juga melakukan monitoring pelaksanaan pencoblosan di Kota Kasongan.

"Setelah ini kita ke Kereng Pangi. Kita sambil menunggu rombongan dari Provinsi yang juga pada hari ini akan melakukan monitoring di wilayah Kabupaten Katingan," ucapnya.

Sementara itu, Berkat merupakan warga yang sedang melakukan pencoblosan pemilihan di TPS 025, menyambut atas pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Katingan. Terkait dengan pengamanan dari H-7 sampai saat ini dirinya menilai terlihat aman dan terkendali.

"Kita harapkan sampai dengan perhitungan suara nanti terus berjalan kondusif. Kita harapkan masyarakat agar datang ke TPS untuk menggunakan hak untuk memilih pada Pemilu 2024 ini, jangan sampai tidak memilih. Karena hal ini adalah menyangkut hajat kita bersama untuk memilih para pemimpin-pemimpin bangsa dan negara Indonesia," pungkasnya.

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 025, Faridul Hayat melaporkan untuk jumlah DPT sebanyak 296 pemilih.

"Untuk data sementara pencoblosan pemilihan Presiden dan Wakil Presdien pasangan Prabowo - Gibran lebih unggul dengan urutan pertama, kemudian pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan Anis Baswedan-Muhaimin Iskandar," jelasnya.

Dari data KPU Katingan di Kabupaten Katingan sebanyak 124.384 sesuai DPT di 13 kecamatan, 161 desa dan kelurahan dengan jumlah tempat pemungutan suara sebanyak 521 TPS dan daftar calon tetap atau DCT sebanyak 323 tersebar di tiga dapil.