Jurgen Klopp nilai sukses Piala Liga kali ini 'paling istimewa'

id Jurgen Klopp,Liverpool ,Piala Liga

Jurgen Klopp nilai sukses Piala Liga kali ini 'paling istimewa'

Liverpool's German manager Jurgen Klopp react ahead of the UEFA Europa League group E football match between Liverpool and Toulouse at Anfield in Liverpool, north west England on October 26, 2023. (Photo by Oli SCARFF / AFP) (AFP/OLI SCARFF)

Jakarta (ANTARA) - Jurgen Klopp menyanjung sukses Liverpool menjuarai Piala Liga setelah mengalahkan Chelsea dalam final sebagai trofi "paling istimewa" dalam kariernya karena kesuksesan itu dicapai bersama pemain-pemain mudanya.

Virgil van Dijk memastikan kemenangan 1-0 Liverpool dengan sundulan dramatis dua menit menjelang akhir babak perpanjangan waktu dalam laga yang berlangsung di Wembley, Minggu (25/2) malam waktu setempat.

Kemenangan Liverpool itu dianggap sangat manis oleh Klopp karena terjadi pada saat klubnya dilanda badai cedera yang memaksanya menurunkan tim yang sangat tidak berpengalaman.

Bos The Reds menurunkan pemain berusia 20 tahun Conor Bradley dan Harvey Elliott sebagai starter, dan memasukkan Bobby Clark (19 tahun), James McConnell (19 tahun), Jayden Danns (18 tahun), dan Jarell Quansah (21 tahun) sebagai pemain pengganti.

Baca juga: Jurgen Klopp butuh 'Anfield' untuk kalahkan Luton Town

Cedera telah membuat Klopp kehilangan Mohamed Salah, Trent Alexander-Arnold, Diogo Jota, Darwin Nunez, Alisson Becker, dan Joel Matip, sementara Ryan Gravenberch menjadi pemain senior terakhir yang cedera ketika ditandu keluar lapangan pada babak pertama final Piala Liga melawan Chelsea itu.

Berdasarkan situasi sulit ini, Klopp menilai trofi kejuaraan besar ketujuhnya dalam sembilan tahun menukangi Liverpool sebagai trofi yang paling berkesan dalam kariernya.

“Dalam lebih dari 20 tahun, ini adalah trofi paling istimewa yang pernah saya menangkan. Benar-benar hebat," kata dia seperti dilaporkan AFP pada Senin.

Baca juga: Liverpool perpanjang rekor tim pemenang Piala Liga Inggris terbanyak

"Saya bangga dengan semua orang yang terlibat dalam segala hal di sini. Saya bangga kepada akademi kami, saya bangga kepada para pelatih, saya bangga kepada banyak hal."

Klopp menikmati setiap momen dari apa yang mungkin menjadi lawatan terakhirnya ke Wembley setelah menyatakan akan meninggalkan Liverpool akhir musim ini.

"Saya tak peduli dengan warisan saya. Saya di sini bukan untuk soal itu. Tak ada hubungannya dengan yang mungkin menjadi pertandingan terakhir saya di Wembley," kata dia.

"Ini tentang melihat wajah bocah-bocah itu. Bagi saya ini adalah kenangan indah yang abadi," pungkas Klopp yang menandaskan usia sama sekali bukan faktor penting dalam pertandingan.

Baca juga: Liverpool juarai Piala Liga Inggris melalui gol di menit terakhir

Baca juga: Manchester City dan Arsenal terus bayangi Liverpool

Baca juga: MU harus belajar dari Man City dan Liverpool, kata Ratcliffe