Legislator Kalteng minta konektivitas antar daerah terus ditingkatkan

id DPRD Kalimantan Tengah, DPRD Kalteng, Kalteng, Kalimantan Tengah

Legislator Kalteng minta konektivitas antar daerah terus ditingkatkan

Anggota Komisi IV DPRD Kalteng Purman Jaya. ANTARA/HO.

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota Komisi IV DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng), Purman Jaya, mengakui konektivitas antardaerah di provinsi perlu diperhatikan serius karena masih cukup banyak akses yang belum terhubung.

Meski sampai saat ini sudah banyak jalan yang dibangun oleh pemerintah daerah, namun masih banyak juga jalan yang belum terkoneksi dengan baik. Hal ini tentu menjadi kendala utama dalam mempermudah mobilitas masyarakat dan meningkatkan ekonomi daerah.

"Hal ini penting diperhatikan, karena untuk membangun Kalteng agar lebih maju, jalan yang terkoneksi merupakan kunci utama. Jalan dari kota menuju desa harus terhubung seperti urat nadi," kata Purman Jaya di Palangka Raya, kemarin.

Selain membangun jalan serta jembatan, penting juga menggiatkan perbaikan infrastruktur yang sudah ada. Masalah ini juga menjadi pekerjaan rumah yang perlu dituntaskan karena tidak dipungkiri kerusakan jalan dan jembatan masih menghambat konektivitas antardaerah.

"Perbaikan struktur jalan dan pengaturan lalu lintas menjadi hal penting yang juga perlu diperhatikan agar mobilitas masyarakat semakin lancar dan aman," ucapnya.

Maka dari itu, Legislator Kalteng ini pun berharap kepada pemerintah daerah, baik itu provinsi, kabupaten dan kota dapat memprioritaskan pembangunan jalan yang terkoneksi dan perbaikan jalan yang sudah ada di wilayah Kalteng.

Di satu sisi seluruh masyarakat untuk turut serta dalam memperjuangkan haknya melalui aspirasi ataupun usulan pada musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang), agar bisa memiliki akses jalan yang layak dan terhubung dengan baik.

"Pembangunan jalan yang terkoneksi dan perbaikan jalan yang sudah ada harus menjadi prioritas, karena itu nantinya berkaitan dengan ekonomi, pembangunan daerah dan lain sebagainya," demikian Purman Jaya.